Cerpen Cinta 'Kisah Cinta Pertamaku'

12:45 AM Add Comment
Cerpen Cinta 'Kisah Cinta Pertamaku'
Cerpen adalah salah satu jenis karya tulis berupa cerita pendek. Cerpen banyak diminati lantaran memiliki sisi menyenangkan tersendiri bagi pembacanya, terlebih jika cerpen tersebut memiliki alur cerita yang menginspirasi semisal cerpen perjuangan dan persahabatan.

Dari berbagai jenis cerpen yang sering dibaca, salah satu jenis cerpen yang cukup diminati adalah cerpen cinta atau cerpen romantis. Semakin mendalam kisah dari suatu cerpen cinta, tentunya akan semakin disukai oleh pembacanya. Nah, buat kalian yang sedang mencari cerpen cinta, dibawah ini adalah sebuah cerpen cinta terbaru.

Cerpen Cinta Pertama


By Dwi Rahmawati

Perkenalkan terlebih dahulu nama saya Dwi Rahmawati, biasa dipanggil Dwi.
Juli 2016, ya saat itu aku baru memasuki sekolah menengah kejuruan. Cukup senang menjadi siswi SMK. Sekolah yang sebagian orang menyatakan bahwa kita akan memulai cerita baru, awal yang indah dan mengukir cerita cerita yang akan dijalani bersama teman baru. Pada waktu itu usiaku masih 15 tahun. Kurasa aku belum siap untuk merasakan apa itu cinta.

Seiring berjalannya waktu, ada seseorang yang hadir di hidupku. Awalnya aku sama sekali tak mengenalnya. Dia bernama Khasan Munawir, walau dia alumni smp yang sama sepertiku. Tapi aku mengenalnya saat sudah lulus. Menurutku dia orangnya kurus, agak tinggi, item tapi manis. Ya jujur aku suka orang yang item manis. Kita menjadi akrab karena sering chatingan via bbm. Namun kita tak bersekolah di tempat yang sama. Awalnya aku bingung dengan sikapnya yang perhatian padaku.
Aku takut dia cuma ingin mempermainkanku seperti halnya orang bilang banyak cowok yang cuma bisanya mainin perasaan cewek. Ya kata kata itu membuatku takut untuk mengenalnya lebih jauh.

Waktu kurasa sangat singkat, sekitar 1 bulan aku mengenalnya. Entah perasaan apa itu? apa mungkin itu cinta? aku terus bertanya-tanya.
Tepat tanggal 26 Agustus 2016 dia menembakku, tapi sayangnya via bbm. waktu itu aku sangat bingung, harus menerima atau tidak. Ya mungkin karena aku takut pacaran. Tapi aku telah jatuh cinta padanya, jadi aku mencoba untuk menjalin hubungan dengannya. Ya, dia cinta pertamaku, dan aku cinta pertamanya juga.

Berbulan-bulan sudah sejak hadirnya dia di hidupku, aku merasa bahagia, merasa ada yang beda dari hidupku. Hidupku jadi lebih berwarna. Waktu itu aku memiliki sosok penyemangat dalam hidupku. Walau kita jarang bertemu, tapi aku bahagia bisa memilikinya.

Pada saat itu kita bertemu di smp untuk mengambil SKHUN. Aku bahagia bisa bertemu dengannya. Tapi entah kenapa aku merasa malu dengannya. Pada waktu bertemu dia memanggilku “sayang”. Jantungku berdebar-debar. Tetapi aku hanya membalasnya dengan senyuman. Ya kita sering memanggil sayang tetapi tidak secara langsung, tapi hari itu dia memanggiku sayang. Namanya juga baru pacaran pertama kali jadi ya masih malu-malu.
Kita berdua duduk di depan sekolah, ya hanya beberapa kali bercakap. Lebih seringnya tersenyum satu sama lain.

Waktu terus berputar maju, hubunganku dengannya masih manis, dan kita juga sering bertemu. Rasanya pun tak canggung lagi. Ya walaupun banyak masalah datang, entah itu PHO dan yang lain. Tapi kita bisa menghadapinya.

Menyedihkan pada waktu itu dia menghilang seminggu lebih, aku tak tau mengapa dia hilang. Padahal waktu itu aku sedang membutuhkannya untuk memberiku semangat, karena aku lagi UKK. Menghilangnya dia membuatku tak fokus belajar, pikiranku kacau karenanya. Dan pada saat aku ultah, dia pun msih menghilang. Padahal aku berharap dia ngucapin atau ngasih surprise. ehh ternyata nggak. Hatiku terus bertanya-tanya ke manakah dia? Mengapa dia menghindar dariku? Aku salah ap? Pikiranku dipenuhi dengan semua pertanyaan itu.

Liburan semester 1 tiba, dan aku berharap banyak waktu untuk bisa bertemu dengannya. Tapi ternyata tidak. Saat itu dia akan pindah sekolah dan mondok di Banyuwangi. Saat kita bertemu, aku mencoba memberanikan diri untuk bertanya padanya.
“kamu sebenernya mau ke mana sih?, kok status facebook kamu gitu.” tanyaku
“aku mau pindah yang, aku mau mondok.” balasnya
“mondok di mana?”
“di Banyuwangi”
Aku tak bisa berkata-kata lagi. Hanya bisa diam. Dan pikiranku mulai kacau, “mengapa dia harus pergi meninggalkan?” batinku.
aku menangis setiap harinya. ya kita bakal jarang ketemu atau bahkan tak bisa lagi ketemu.

Disaat mendekat hari dia akan pergi. Aku memintanya bertemu, tapi dia selalu tak mau, alasannya karena sedang sibuk.
Tapi sehari sebelum dia pergi, kita sempat bertemu. Dan mungkin untuk terakhir kalinya.
Kita bertemu di stasiun, ya aku hanya diam dan merasa sebal dengannya. Aku tak berani berbicara, entah kenapa. Mungkin dia marah denganku, karena aku meminta untuk bertemu. Tak ada obrolan yang serius, padahal aku ingin bertemu untuk bicara soal dia pindah. Tapi aku tak berani.

Ehh tiba-tiba ada polisi datangin kita.
“dek, lagi ngapain di sini? Pacaran kok di sini. Sana pulang” kata polisi.
“iya pak,” aku dan khasan pun pulang.

Menyebalkan sekali belum bicara apa-apa udah disuruh pulang aja. Untung saja hp dia ketinggal di aku, aku bingung harus mengembalikan atau membiarkan dia menemuiku. Akhirnya aku memutuskan untuk ke rumahnya. Tapi tidak sendiri, aku minta temenin temenku. Ya waktu itu aku belum tau tepat rumahnya, tapi aku tau daerah dan arahnya.

Di rumah dia, aku disuruh masuk. Tapi aku tidak mau. Aku cuma di samping rumahnya. Ya itu menjadi terakhir kali kita bertemu. Sedih sih, tapi aku tak berani menunjukkan kesedihanku. Ya untuk kenangan aku memberinya jam tangan, couple sama aku. Berbicang-bicanglah aku dengannya.

“Sayang, I love You,” ucap khasan sambil menciup tanganku.
Aku hanya diam dan tersenyum.
Baru pertama dia bilang i love you secara langsung, dan mungkin juga yang terakhir kalinya. Dia juga berkata padaku “Sayang, jika kita memang berjodoh, pasti kita dipertemukan kembali.”
“Amin yang.”

Hari semakin sore dan aku memutuskan untuk pulang.
“Hati-hati di jalan yah sayang,” kata khasan.
“Iya,” balasku.

Hari itu takkan bisa kulupakan. Hari dimana kita bertemu untuk terakhir kalinya. Dan hari hari berikutnya kita berpisah. Bukan berpisah hubungan, tapi terpisah oleh jarak dan waktu. Membiasakan Hari-hariku tanpa adanya Khasan di sampingku. Menjalin kisah LDR, bagiku berat untuk kujalani. Tapi dengan komitmen dan saling setia, juga saling percaya satu sama lain mungkin kita bisa njalanin hubungan ini. Ya aku tak tau apa hubungan kita akan berjalan mulus atau tidak. Aku hanya bisa berdoa kelak kita berjodoh dan dipertemukan kembali.

Demikian cerpen tentang cinta dengan judul Kisah Cinta Pertamaku, semoga cerpen ini bermanfaat bagi Anda para pecinta cerpen.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

4:59 AM Add Comment
Dewasa ini pada umumnya surat lamaran kerja ditulis menggunakan komputer kemudian di print out. Namun, hal tersebut tidak bersifat diharuskan sehingga surat lamaran juga tetap bisa ditulis menggunakan pena atau tulis tangan.

Anda dapat memilih opsi penulisan surat menggunakan komputer, atau prefer tulis tangan. Pilihan manapun yang Anda ambil, hal tersebut tidak akan mendatangkan masalah apapun sepanjang isi dari surat lamaran tersebut dibuat dengan sedemikian rapi dan tetap berbobot.

Contoh Surat Lamaran Tulis Tangan


Adapun bagi Anda yang lebih memilih membuat surat dengan cara tulis tangan, dibawah ini saya share kumpulan contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan masukan guna dapat menyiapkan sebuah surat lamaran yang benar dan profesional.

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan I


Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan, saya memiliki beberapa masukan supaya surat tersebut terlihat lebih profesional dan menarik, diantaranya:

  • Atur margin, agar tulisan terlihat rapi dengan cara membuat batasan kiri dan kanan menggunakan alat bantu seperti penggaris.
  • Usahakan lembar kertas folio bersih dari noda, coretan serta tidak terlipat-lipat.
  • Sebaiknya tidak ada tulisan yang dicoret atau bekas penghapus.
  • Pastikan Anda menulis serapi mungkin.

Surat Lamaran PNS Tulis Tangan


surat lamaran pns tulis tangan

Melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia pemerintah memberikan kesempatan kepada seluruh warga Negara Republik Indonesia untuk mengikuti seleksi CPNS yang akan ditugaskan dalam lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Dan bagi sahabat pembaca yang membutuhkan contoh surat lamaran kerja CPNS Kemenkumham tulis tangan, silakan dipelajari contoh surat lamaran CPNS Kemenkumham tulis tangan seperti contoh diatas.

Contoh Surat Lamaran di Pabrik


Medan, 20 April 2018


Kepada YTH,
HRD PT. Orion Furniture And Property
Jalan Bukit Indah 510 Medan


Hal    : Lamaran Pekerjaan


Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                        : M. HUDA  
Tempat, Tanggal Lahir             : Medan, 24 Mei 1995
Jenis Kelamin                           : Laki-Laki
Alamat                                      : Ronggo, Jaken, Medan
Pendidikan Terakhir                  : SMK
Telepon                                      : 081234567222

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari situs resmi PT. BINA BINA JAYA, bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga kerja untuk menempati posisi dibagian produksi, maka dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan pada posisi yang telah disebutkan diatas. 

Perlu saya sampaikan juga bahwa saya menguasai Bahasa Inggris serta dapat berkomunikasi dengan cukup baik. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan :

1.    Pas foto 3x4 berwarna terbaru (2 lembar)
2.    Daftar Riwayat Hidup
3.    Fotolopi KTP
4.    Fotokopi Ijazah
5.    Fotokopi sertifikat-sertifikat keahlian

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu HRD berkenan untuk mempertimbangkan saya guna menempati posisi yang telah disebutkan di atas. Atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,

ttd + materai

M. HUDA


Demikian beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan serta contoh surat lamaran pabrik. Semoga artikel ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Anda.

Contoh Surat Edaran

12:35 AM Add Comment
Contoh Surat Edaran
Salah satu jenis surat yang sering kita dengar sehari-hari adalah surat edaran. Lalu apa yang dimaksud surat edaran itu dan seperti apa format surat edaran yang benar? berikut ini saya ulas mengenai pengertian surat edaran beserta contoh surat edaran yang benar.

Pengertian Surat Edaran


Perkataan "edaran" berasal dari kata dasar "edar" yang berarti berputar atau berotasi. Surat edaran disebut juga sirkuler yang berarti surat tersebut dikirim kepada berbagai pihak yang bentuk dan isinya sama.

Pengertian Surat Edaran pada Suatu Instansi


Surat edaran adalah surat pemberitahuan tertulis yang ditujukan kepada pejabat/pegawai. Surat edaran ini berisi penjelasan mengenai sesuatu hal, misalnya keb?akan pimpinan, petunjuk mengenai tata cara pelaksanaan, atau suatu peraturan perundang-undangan.
Fungsi surat edaran:

di kalangan instansi pemerintah, merupakan surat yang dapat memberi petunjuk, penjelasan tentang pelaksanaan atau peraturan;
di perusahaan swasta, surat edaran dapat berfungsi sebagai pemberitahuan atau pengumuman.


Macam-macam surat edaran


1. Surat edaran pemerintah, yaitu adanya pemberitahuan kepada  seluruh rakyat Indonesia yang bersifat nasional.

 Contohnya adalah sebagai berikut:

  • edaran tentang perayaan hari besar nasional
  • edaran tentang sensus penduduk
  • edaran tentang Pemilu



2. Surat edaran dari instansi pemerintah adalah pemberitahuan dan penjelasan tentang pelaksanaan peraturan di lingkungan instansi tersebut.

Contohnya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan membuat edaran tentang:

  • petunjuk kenaikan kelas
  • petunjuk UAS, penetapan waktu ujian serta penentuan  pelaksanaan ujian dan petunjuk penilaian ujian serta petunjuk kelulusan ujian.



3. Surat edaran dari perusahaan, terdiri atas :

  • Surat edaran khusus adalah surat pemberitahuan sesuatu yang  ditujukan untuk satu lingkungan tertentu
  • Surat edaran umum adalah surat edaran untuk memperkenalkan jasa perusahaan dan hasil produk dari ke seluruh lapisan masyarakat / khalayak.

Format Surat Edaran dari Instansi Pemerintah



Bagian-bagian surat ini adalah sebagai berikut.

a. Kepala surat

Tulisan "EDARAN" ditulis dengan huruf besar seluruhnya "Hal", diberi garis bawah.
Sebelah kiri atas : Di bawah "Hal" ditulis nama pejabat dan alamat yang dituju.
Sebelah kanan atas : Tempat tanggal, bulan, dan tahun.

b. Isi surat edaran/batang tubuh

 Dirumuskan dalam bentuk uraian yang terdiri atas:
  •  pendahuluan
  •  inti
  •  penutup

c. Kaki surat/bagian akhir, terdiri atas :

  •  nama jabatan
  •  tanda tangan pejabat yang menerbitkan surat edaran
  •  nama pejabat dan NIP/NRP
  •  cap dinas
  •  tembusan (bila dianggap perlu)

Contoh Surat Edaran


LEMBAGA PENDIDIKAN KOMPUTER
BINA TERAMPIL ANGKASA
JALAN DAGO RAYA 15
BANDUNG
________________________________________________


Nomor          : 03/09/XII/E/95
Lampiran      : -
Hal                : Edaran Perpisahan
                        Angkatan ke-10

Kepada
Yth                : Sdr. Ketua-Ketua Program
                        Lembaga Pendidikan Komputer
                        Bina Terampil Angkasa
                        Jl. Dago 15
                        Bandung
    
   
 Dengan hormat,

      Berhubung masa belajar komputer angkatan ke sepuluh sudah berakhir,  kami minta agar Saudara para ketua program membentuk kepanitiaan acara perpisahan untuk peserta didik tersebut. Untuk pengurus dan pelaksanaan dari acara tersebut, libatkan para pengurus kesiswaan.

     Kami mengharapkan agar edaran ini mendapat perhatian para ketua program komputer.

Terima kasih.

                                                                                                                Hormat kami
    
                                                                                                                Ttd.
                                                                                                                Dra. Elia Riawati
                                                                                                               Kepala Bina Pendidikan

Tembusan :

1. Yth. Sdr. Dra. Ilah Jamilah
2. Yth. Sdr. Dra. Mulyanti
3. arsip

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh surat edaran yang benar, semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca.

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Bulan Ramadhan

4:07 AM Add Comment
Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Bulan Ramadhan
Berikut ini merupakan contoh naskah pidato singkat dalam bahasa Inggris yang mana temanya adalah seputar bulan suci Ramadhan, atau lebih spesifiknya tentang menjalankan ibadah di akhir bulan Ramdhan menjelang hari raya Idul Fitri.

Pidato Singkat Bahasa Inggris Seputar Bulan Puasa Ramadhan


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

First of all let us pray the blessings and praise of Allah Almighty who has bestowed all His grace for us so that we are still given health until this moment. The second time, sholawat and salam hopefully remain poured out to our lord the great Prophet Muhammad SAW, for his struggle we are currently on the right path.

Jama'ah the glorified attendees of Allah SWT

Soon we will be abandoned by the month of Ramadan, a month full of hidayah for us closer to the creator. May the deeds of worship we have done are accepted by His side. And the rest of Ramadan is just a few days lag this, let us increase the quantity and quality of our worship so that this month of Ramadan really provide benefits for us.

Jama'ah attendees that I respect ...

During the fasting period, of course we are given a lot of valuable teaching. It's not just about holding back hunger and thirst, but there are still many other valuable teachings. May our charity of worship in the holy month of Ramadan this time really can menajdi momentum for us to continue to increase the charity of our worship even though we are no longer in this holy month.

The glorified attendees of Allah SWT

Soon we will welcome the day of victory for all Muslims, the feast of Eid al-Fitr. The day of triumph is about to arrive, and before we arrive at that day, let us remain focused on doing good deeds of worship until the end of Ramadan. Let us raise the charity of our worship during this Ramdhan side of the month so that we are fully able to achieve victory on the day of Eid al-Fitr.

A glorified audience of Allah SWT

So that I can convey on the occasion that InsyaAllah Barokah, may be useful for me personally, and for the jama'ah sekin in general.

Alhirul kalam... Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

* Artikel ini merupakan terjemahan dari tool online. Jika ada penempatan kata/kalimat yang salah, harap di koreksi dan dibenahi sendiri.

Tips Menjadi Wanita Idaman

10:22 AM Add Comment
Tips Menjadi Wanita Idaman
Menjadi wanita idaman pria tentunya diinginkan semua kaum Hawa, tapi untuk mewujudkannya tentunya tidak semudah Anda mengharapkannya. Wanita idaman sendiri merujuk pada sejumlah hal positif, yang mana hal tersebut amat disukai kaum Adam.

Siapapun Anda, sebenarnya Anda bisa menjadi sosok wanita idaman pria sepanjang Anda mau memperjuangkannya. Apa sajakah yang perlu Anda lakukan agar bisa menjadi wanita idaman calon pasangan Anda? Simak tips menjadi wanita idaman pria berikut ini:

1. Selalu Menjaga Kebersihan

Salah satu daya tarik pertama seorang wanita adalah kebersihan, khususnya kebersihan tubuhnya. Kebersihan wanita dapat dilihat dari cara dia berpakaian, kebersihan rambut, dan tubuhnya.

2. Berpakaian Secara Baik

Setiap wanita tentu ingin menjadi wanita yang diidamkan pria, namun untuk meraih perhatian pria tidak bisa dengan cara berpakaian yang terlalu minim karena bisa menyebabkan Anda dinilai negatif. Pakailah pakaian yang modis namun tidak terlalu minim agar karisma diri Anda bisa terlihat.

3. Bersikap Ramah dan Baik

Siapa yang tidak ingin memiliki pasangan baik hati, semua orang tentu mengharapkannya, bukan? Kebanyakan pria ingin memiliki pasangan yang lembut dan penyayang. Sebagian besar pria pun beranggapan bahwa wanita yang ramah dan baik hati adalah tipe wanita yang lembut dan penyayang.

4. Kemampuan Berkomunikasi

Terkadang intelek seseorang diukur dengan cara dia berkomunikasi. Banyak lelaki yang memantapkan hati pada wanita yang memiliki aspek ketrampilan berbicara yang baik karena mereka dapat berkomunikasi dengan baik.

5. Jadilah Wanita Mandiri

Sebagian pria merasa tidak nyaman tatkala sering dihubungi wanita baik itu teman maupun pacar yang tujuannya hanya untuk meminta bantuan. Jangan Anda lakukan hal tersebut apabila tidak terlalu penting karena Anda akan dianggap tidak punya sifat kemandirian.