Tuesday, August 19, 2014

Contoh Surat Mengundurkan Diri Dari Tempat Kerja


Cara menulis surat pengunduran diri dari tempat kerja. Surat pengunduran diri dari tempat kerja juga biasa disebut dengan surat resign. Surat resign dibuat berdasarkan sejumlah alasan. Mungkin yang bersangkutan ingin berhenti kerja karena masalah gaji. Mungkin juga karena ingin mencari kerjaan ditempat lain dan atas sejumlah alasan lainnya.


Surat resign wajib anda buat setidaknya satu minggu sebelum anda berencana untuk berhenti bekerja. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada pihak perusahaan untuk mencari pengganti anda guna menduduki sektor pekerjaan yang anda tinggalkan. 

Anda tidak diperbolehkan hari ini membuat surat pengunduran diri, dan hari ini juga anda akan berhenti bekerja. Yang demikian tentunya menyalahi aturan. Berikut contoh surat resign/pengunduran diri.

CONTOH SURAT RESIGN DARI TEMPAT KERJA

Kepada Yth,
HRD Manager
Up. Bapak Ramli Sukri, SH.
Di-Surabaya

Hal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Lukee Darwin
Jabatan : Akuntan
Masa kerja : 14 Desember 2014

Bersama ini saya bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT_________________  terhitung mulai tanggal 10 Mei 2017.

Keputusan ini dengan berat terpaksa saya ambil setelah melakukan beberapa pertimbangan menyangkut saya pribadi dan juga perusahaan.

Sehubungan dengan pengunduran saya diharapkan PT____________ dibawah kepemimpinan Bapak segera mencari pengganti saya.

Terimakasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menjadi salah satu karyawan PT_______________

Saya berharap PT_______________ kedepannya terus dapat membangun dan mencapai progress sebagaimana yang ditargetkan management meskipun tanpa kehadiran saya.  

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terimakasih.

Surabaya, 25 April 2017
Hormat saya,


Lukee Darwin
Karyawan 

Tembusan: Direktur
readmore »

Contoh Surat Izin Libur/Cuti


Contoh penulisan format surat izin cuti kerja. Sebagai seorang karyawan anda diwajibkan untuk memberitahu pihak perusahaan jika bermaksud untuk mengambil masa libur atas kepentingan yang mustahak.

Surat ijin cuti atau surat ijin libur biasanya dibuat untuk beberapa kepentingan yang mengharuskan anda meninggalkan pekerjaan untuk sementara waktu. Contoh, mungkin anda seorang karyawati yang tidak lama lagi akan memasuki masa bersalin. Yang demikian anda harus membuat surat permohonan ijin cuti.

Contoh surat lainnya: Contoh surat pribadiSurat lamaran kerja 

Surat ijin cuti harus anda buat setidaknya satu minggu sebelum anda tidak masuk kerja. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu pihak perusahaan agar mencari pengganti anda saat anda tidak bisa masuk kerja. Usahakan jangan melayangkan surat ijin libur terlalu mendadak karena yang demikian akan membuat management perusahaan direpotkan. Tidak menjadi masalah jika posisi yang anda tinggalkan masih bisa di handle oleh karyawan/staff lainnya, jika kondisinya tidak demikian maka perusahaan akan menjadi repot karen anda. Selain itu, sebagai seorang karyawan anda juga dituntut untuk bersikap professional.

Contoh surat ijin libur

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT __________
Up. Bapak Hadi Hendra
Di-Tempat

Perihal : Surat Ijin Cuti
Lampiran : 1 Lampir

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Nama anda
Alamat : Isi berdasarkan alamat tinggal anda
Jabatan : Jabatan anda

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti berkaitan dengan masa bersalin yang dimana hasil pengecekan diperkirakan saya akan memasuki masa bersalin dalam hitungan satu bulan kedepan.

Saya berharap Bapak akan mencari pengganti saya untuk sementara waktu sampai saya bisa kembali masuk kerja. Adapun saya bermaksud mulai tidak masuk kerja terhitung sejak tanggal 10 Juni 2019.

Demikian surat ijin cuti ini saya buat. Atas perhatian dan pengertiannya saya sampaikan banyak terimakasih.

Yogyakarta, 01 Juni 2019
Hormat saya,


Nama anda
Jabatan anda
readmore »

Contoh Naskah Drama Singkat

Naskah dialog drama singkat akan menjadi bahasan kita pada posting contoh naskah drama kali ini. Sebelumnya saya sudah menuliskan sebuah artikel contoh naskah drama tema pendidikan, dan kali ini masih seputar contoh naskah drama, yaitu drama singkat.

Apa perbedaan drama singkat dengan jenis-jenis drama lainnya? Secara keseluruhan tidak ada bedanya, yang membedakan adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan adegan drama tersebut. Semakin panjang teks skenario drama, maka semakin lama pula waktu yang digunakan untuk menyelesaikan adegan drama tersebut.

Pun sebaliknya, jika drama yang ditulis bersifat drama pendek, maka adegannya bisa selesai dalam waktu yang singkat pula.

CONTOH NASKAH DRAMA 5 ORANG

Pada suatu momen dimana sedang diadakannya ujian semester. Aldi dan Ibanu duduk sebangku, Sittha dan Dinnia duduk satu bangku di depannya, sementara itu Bhudiman duduk sendiri disamping Ibanu.

Mata pelajaran yang sedang di ujiankan yaitu mata pelajaran matematika, semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soal ujian pada saat itu. Dan terjAldilah percakapan antara 5 siswa bersahabat tersebut, yaitu Aldi, Bhudiman, Ibanu, Sittha dan Dinnia.

Ibanu:      “Din, aku minta jawaban soal nomor  5 dan 6!”
Dinnia:         “A dan C”
Sittha:         “kalau soal nomor 10,11 dan 15 jawabannya apa Ban?
Ibanu:      “10 A, 11 D, nomor 15 aku belum”
Aldi:          “Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar”
Sittha:         “soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan”

Mereka berempat saling contek-mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Bhudiman, ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.

Ibanu:      “Bud,kamu sudah selesai?”
Bhudiman:        “Belum, tinggal 3 soal lagi”
Ibanu:      “Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!”
Bhudiman:        “Tidak Bisa Ban,”
Ibanu:      “Kenapa? Kita sahabat bud, kita harus kerjasama”
Dinnia:         “Iya Bud, kita harus kerja sama”
Aldi:          “Iya, kamu kan yang paling pintar disini bud”
Bhudiman:        “tapi bukan kerjasama seperti ini teman-teman”
Sittha:         “Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!”
Bhudiman:        “Mencontek atau pun memberi contek adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek karena dosa, begitu pula member contek ke kalian. Aku minta maaf”
Sittha:         “Tapi saat ini, sangat mendesak Bud”
Dinnia:         “Iya Bud, bantu kami”
Bhudiman:        “tetap tidak bisa”
Aldi:          “yasudah, biarkan. Urus saja dirimu sendiri Bud, dan kami urus diri kami sendiri.” (marah dan kesal)
Ibanu:      “biarkan, kita lihat di buku saja”

Ibanu lalu mengeluarkan buku dari kolong bangkunya secara diam-diam, kemudian melihat rumus dan jawaban di dalamnya. Lalu Sittha menanyakan hasilnya.

Sittha:         “Bagaimana Ban? Ada tidak?
Ibanu:      “ada, kalian dengar ya. 15 A, 16 D, 17 D, 18 B, 19 A, 20 C”
Kareana suara Ibanu yang agak terdengar keras, Guru pun mendengarnya dan menghampiri mereka berempat.
Guru:      “Kalian ini, mencontek terus. Keluar kalian”

Mereka berempat di hukum di lapangan untuk menghormati tiang bendera.

Ibanu:      “Aku tidak menyangka akan seperti ini”
Dinnia:         “Aku juga tidak menyangka, akan dihukum”
Sittha:         “Seharusnya kita belajar ya”
Aldi:          “Iya, Bhudiman benar”
Ibanu:      “Disaat seperti ini, baru kita menyadarinya yah!”
Sittha:         “Aku menyesal!”
Aldi,Dinnia&Ibanu:   “Aku juga” bersama

Setelah itu Bhudiman keluar dari kelas dan menghampiri mereka. Kemudian Bhudiman ikut berdiri hormat seperti yang lain.

Dinnia:         “kenapa bud? Kamu di hukum juga?”
Bhudiman:        “Tidak, aku ingin menjalani hukuman kalian juga.
                                Kita sahabat kan? Aku ingin kita bersama”
Sittha:         “aku berharap ini menjAldi pelajaran kita semua”
Dinnia:         “dan tidak kita ulangi lagi”
Aldi:          “Kita sahabat sejati”


Kemudian mereka semua harus menjalani hukuman, namun dengan penuh senyum dan tawa. Persahabatan bisa mengalahkan semua keburukan.
readmore »

Contoh Naskah Drama Pendidikan

Naskah drama yang tersusun secara lengkap, deskriptif, dan imajinatif akan berbuah pada suksesnya pementasan sebuah adegan drama dipanggung. Berbeda dengan posting sebelumnya yaitu drama Korea, kali ini drama yang akan kita bahas adalah contoh teks skenario drama.

Drama adalah sebuah adegan yang dalam hal ini bisa dimainkan oleh 2 orang, 3 orang, 4 orang, hingga berpuluh orang. Untuk bisa memainkan alur cerita drama yang sempurna dibutuhkan sebuah naskah drama yang tersusun secara rapi, dan bagus. Hal ini untuk memudahkan para pemeran drama dalam memainkan karakter masing-masing.

Buat Anda yang sedang mencari contoh naskah drama, berikut ini adalah contoh teks dialog drama yang bisa Anda pelajari.

Naskah Drama 8 Orang Pemeran :

1. GEA SYIFA SHAFIRA
2. DEWINA TESA ARTIKA
3. KEYLIZAGRACE MONICA
4. NATALIASHA AULIA PUTRI
5. UMIRUL SAFIRA
6. ZEETIE AISYA
7. ATTAUFIQUE RAHMAN
8. CHRISSNA DWIKY RAMADHANA

Pemeran:

GEA SYIFA SHAFIRA = Murid
DEWINA TESA ARTIKA = Murid
KEYLIZAGRACE MONICA = Murid Yang Kehilangan Dompet
NATALIASHA AULIA PUTRI = Murid
UMIRUL SAFIRA = Murid yang mengambil Dompet
ZEETIE AISYA = Murid
ATTAUFIQUE RAHMAN = Wali Kelas
CHRISSNA DWIKY RAMADHANA = Kepala Sekola

Naskah Drama 8 Orang Pemeran :
1. GEA SYIFA SHAFIRA
2. DEWINA TESA ARTIKA
3. KEYLIZAGRACE MONICA
4. NATALIASHA AULIA PUTRI
5. UMIRUL SAFIRA
6. ZEETIE AISYA
7. ATTAUFIQUE RAHMAN
8. CHRISSNA DWIKY RAMADHANA

KARAKTER: Gea Syifa Shafira = Siswa
Dewina Tesa Artika = Siswa
KeylizaGrace Monica = Siswa Yang Kehilangan Dompet
Nataliasha Aulia Putri = Siswa
Umirul Safira = Siswa yang mengambil Dompet
Zeetie Aisya = Siswa
Attaufique Rahman = Wali Kelas
Chrissna Dwiky Ramadhana = Kepala Sekola

Latar : Lingkup Pendidikan (sekolah)

Contoh Naskah Drama 8 Orang Tentang Pendidikan Dan Persahabatan (Lingkungan Pendidikan)

Contoh Naskah Drama 8 Orang Tentang Pendidikan Persahabatan

Gea bertemu dengan bapak wali kelas, Attaufique…
Gea : Bapaaakk !
Attaufique : Iya, nak. Oh iya nak, kalau kamu lihat Fira, suruh dia datang ke ruangan bapak yaa.
Gea : oh, Okey pak !
Attaufique : Okey , Terimakasih nak.

Gea menemui Fira…
Gea : Fira Firaa.. !
Fira : ngapa dhe?
Gea : Kamu dipanggil pak Attaufique di ruangannya tuh, sekarang ya!
Fira : oh, ya deh , dhe. Terimakasih ya.
Gea : ya, sama-sama.

Fira ke ruang wali kelas…
Fira : Permiisii, pak!!
Attaufique : Oh, Fira. Masuk..
Bapak mau bertanya.
Fira : Tanya apaan, pak?
Attaufique :Fira, kamu belum membayar uang SPP selama 3 bulan! Bagaimana ini?
Fira : iya, pak. Secepatnya akan saya bayar kok.
Attaufique : baiklah. Kepala sekolah memberi waktu seminggu untuk kamu melunasi SPP itu !
Fira : Kalau nggak, pak?
Attaufique : ih kamu ini ! kepala sekolah akan memanggilmu dan mungkin kamu akan dikeluarkan dari sekolah ini!
Fira :Waduh, ya deh, pak..

Satu minggu berselang…
Fira :duh, gimana ini? Udah seminggu.. Uang SPP belum dibayar. Mana ayah belum gajian lagi..

Sewaktu Tesa, Keyliza& Zeetie berjalan menuju Kantin, tanpa disadari dompet dari Saku Fira terjatuh…
Fira :Kezia…..
hmm…gimana kalo aku pake uang ini aja untuk bayar SPP aku? Lagian kan Keylizagak tau..
ah, aku pake aja deh..

Tasha menghampiri Fira…
Tasha : Hai Fira.. !!
Fira : Oh, Halo sha. Kamu ini bikin kaget aja!
Tasha : Hahaha..
Sorry dech..
Fira : iya iya, ga apa apa..
Tasha : eh, mau kemana?
Fira : Gak tau tuh, aku lagi bingung, sha..
Tasha : Oh, ke kantin yuk? Kalo gak, aku duluan ke kantin ya..
udah laper ini.. daah..
Fira : daah, sha..

Kemudian Gea datang…
Gea :Hai fir, Kita ke kantin, yuk?
Fira :hmm.. yuk lah. Kebetulan aku lagi lapar. Biar aku traktir deh ! (sambil menunjukkan dompet)
Gea :Okey deh. Thank’s ya! (sambil berfikir dompet yang dipegang Fira adalah dompet Kezia)
Fira :Okey, yukk!


Keylizadkk di kantin…
Keyliza:eh ya ampun dompet aku hilang!
Tesa :yang bener , kez?
Keyliza:Iya, beneran !
Zeetie :mungkin dompetmu jatuh di jalan tadi..
hmm.. ntar kita bantu nyariin kok !
Keyliza: Okey deh, Terimakasih ya !
Tesa :ya udah, sekarang biar kami traktir, deh!
Zeetie : Iya..
Keyliza:Uh, kalian baik banget sih..
Terimakasih!
Tesa & Zeetie :Ok, kez !


Tasha bertemu Fira…
Tasha :Lho Fira, bukannya yang kamu pegang itu dompet Kezia?
Fira :eh sstt.. iya, Sha.. tapi diem aja ya, aku juga terpaksa ngambil.
Tasha :Memangnya kenapa?
Fira :Aku ga punya uang untuk bayar SPP. Kalo hari ini aku belum bayar juga, aku bisa dikeluarin dari sekolah.
Tasha :oh, ya ampun Fir! Sebaiknya kamu kembaliin lah tu dompet.
Fira : Tapi… Tapi aku takut, sha..
Tasha : eh, sorry ya fir. Aku harus ke perpus dulu..
Fira : heh, ya deh sha..

Keylizabertemu Fira …
Keyliza:eh Fira, kamu ada gak ngeliat dompet aku?
Fira :eee.. eeemm,, gak ada tuh, kez. (dengan gugup)
Keyliza:oh, ya udah deh. Kalo kamu ngeliat bilang aku ya.
Fira :iya kez.
Keyliza:Okey thank’s.

Saat bertemu di jalan…
Attaufique :Oh ya Fira ! Sini , nak !
Fira :ada apa, pak?
Attaufique :Sudah kamu bayar uang SPP?
Fira :oh iya pak, ini saya mau bayar.
Attaufique :eh, kamu dipanggil kepala sekolah di ruangannya, sekarang!
Fira :hmm,OK pak.

Tesa bertemu Fira…
Tesa : Hai, Firaa!
Fira : Oh, Hai Tes. Dari mana?
Tesa : Aku dari kantin, Fir.
Fira : Ooo..
Sekarang mau kemana?
Tesa : Itu lho, aku mau ngebantu Keylizanyariin dompetnya.
Fira : emm,, mmemang dompet Keylizailang , ya?
Tesa : Iya, kayaknya sih jatuh di jalan..
Fira : Ooh..
Tesa : eh, udah dulu ya, aku mau ke kelas ini..
kalo liat dompet Keylizabilang, ya!
Fira : Okey, tes!

Zeetie bertemu Fira…
Zeetie : Hai Fir!
Fira : eh, Halo Zeetie !
Zeetie : Mau Kemana Fir, kok kayaknya buru-buru banget, sih?
Fira : Iya, aku mau ke ruang KepSek..
Zeetie : Ngapain Kesana?
Fira : Aku mau bayar SPP, sit. Udah dulu yaaa..
Zeetie : oh ya deh, daah..


Di ruangan KepSek…
Fira :permisi, pak.
Chrissna :ya, silahkan masuk.
Fira :ada apa , pak?
Chrissna :oh, kamu Fira? Apa benar kamu Siswa yang belum melunasi SPP sampai 3 bulan?
Fira :oh, iya pak.
Chrissna :Sekarang, mana uang SPP kamu, nak?
Fira :hmm… ni pak. Sudah lunas, kan pak? (sambil memberi uang dari dompet)
Chrissna :baiklah nak. Tolong lain kali jangan sampai terlambat seperti ini ya, nak.
Fira :ya, pak.
Chrissna :Okey, kamu bisa keluar sekarang.
Fira : baik, pak.

Gea menemui Kezia…
Gea :Keziaa!
Keyliza:apaan sih , dhe?
Gea :Tadi aku liat Fira megang dompetmu, lho!
Keyliza:ah, yang bener, dhe? Tadi aku Tanya dia, katanya dia gak tau.
Gea :Bener , Kez! Tadi dia pake uang di dompet itu untuk nraktir aku.
Keyliza:iih ! ya udah, kita samperin yuk tu anak sekarang!

Tesa, Zeetie, Keyliza& Gea menghampiri Fira…
Tesa :Eh Fira! Kamu yang udah ngambil dompet Kezia, ya?
Zeetie :iya Fir? Udah deh, jujur aja!
Fira :heemmm….
Keyliza:bener Fir?
Fira :tapi jangan marah, ya?
Keyliza: tapi apa iya kamu yang ngambil dompet aku? Kalo iya kenapa Fir??
Fira :Kezia, maaf ya. Sebenarnya tadi aku liat dompetmu jatuh, terus aku ambil dan mau aku bilang sama Kamu, kez. Tapi aku teringat, kalo hari ini aku harus ngelunasi uang SPP ku , jadi aku pake uang itu..
Tasha :Kezia, maafin aja tuh si Fira! Kasian, dia bisa dikeluarin dari sekolah kalo hari ini dia gak bayar SPP.
Tesa :tapi jangan mencuri kayak gitu, dong!
Zeetie :iya, betul tu!
Keyliza:Ya ampun Fira, kenapa sih kamu harus mencuri? Kalo kamu minta baik-baik, mungkin aku bisa ngebantu kamu.
Fira :Sekali lagi aku minta maaf ya, Kez. Aku janji akan ganti uang mu, kez..
Keyliza:ya deh Fir, aku maafin. Uangnya ga usah diganti ga apa apa kok. Tapi kamu janji ya, gak akan mencuri kayak gitu lagi !
Fira :ya, Kez. Aku janji, Makasiih ya , Kez!
Keyliza:Okey, Fir!
Tasha :Nah, gitu dong!
Tesa :Eh, udah masuk tuh!
Zeetie :iya!
Gea :Kita ke kelas yukk!
Together :ayuuuk!!
readmore »

Monday, August 18, 2014

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA, SMK, SLTA


Cara menulis surat lamaran kerja bagi anda yang merupakan tamatan sekolah lanjutan tingkat akhir. Surat permohonan kerja untuk SMA, SMK, MA.

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik. Menyusun surat permohonan kerja harus memuat sejumlah poin terpenting menyangkut identitas calon pelamar dan sejumlah criteria persyaratan lainnya. Untuk lebih detailnya silahkan simak contoh surat lamaran dibawah ini.

Cara menulis surat permohonan kerja untuk tamatan SLTA

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia PT. Candra Guna
Up. Bapak Candra Heryanto
Jalan Lokasari No. 33 Magelang

Hal : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: nama anda
Tempat/Tanggal Lahir : isi sesuai biodata anda
Jenis Kelamin : jantina anda
Pendidikan Terakhir: level pendidikan anda
Agama :

Sehubungan dengan informasi yang saya dapat dari surat kabar Tempo edisi Selasa, 10 Juli 2019 bahwa perusahaan yang Bapak pimpin sedang membutuhkan karyawan baru untu ditempatkan sebagai staf umum, maka dengan ini saya bermaksud melamar diperusahaan Bapak guna dapat ditempatkan diposisi tersebut.

Berikut saya lampirkan dokumen pendukung surat lamaran yang saya ajukan:

Foto copy KTP : 1 lembar
Foto copy Ijazah terligalisir : 2 lembar
Pas foto 4x6 : 2 lembar
Daftar riwayat hidup : 1 lembar
Surat pengalaman kerja : 1 lembar

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terimakasih yang sebanyak- banyaknya.

Magelang, 11 Juli 2019
Hormat saya,

Isi materai disini

(nama anda)
readmore »