Cara Melihat Bumi dan Rumah Kita Melalui Satelit Dengan Google Maps

Di jaman yang serba modern dengan perkembangan teknologi yang kian canggih ini kita memang bisa melakukan banyak hal dengan sangat mudah dan cepat, salah satunya adalah untuk memantau kondisi bumi pada suatu waktu. Kita bisa mengetahui kondisi suatu tempat, bahkan keadaan rumah kita juga dapat kita pantau menggunakan bantuan satelit.

Kita tidak harus mengorbitkan satelit sendiri untuk mengetahui kondisi suatu tempat, karena dengan bantuan aplikasi Google kita sudah bisa melakukannya dengan sangat mudah, yaitu dengan menggunakan Google Maps. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pintar yang dibuat oleh Google. Dengan Google Maps Anda bisa melihat kondisi kampung halaman Anda dengan begitu mudah.

Google Maps memang diberdayai sejumlah fitur menarik. Pada artikel sebelumnya saya sudah menuliskan cara untuk mengetahui lokasi seseorang menggunakan aplikasi Google Latitude, dan cara mencari rute jalan menggunakan Google Maps. Dan kali ini saya akan berbagi tips cara untuk melihat kondisi permukaan bumi, termasuk tempat atau rumah Anda menggunakan aplikasi Google Maps.

Melihat isi bumi dari permukaan dulunya hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu dengan menggunakan peralatan tertentu yang tentunya membutuhkan banyak biaya, kini hal tersebut dapat dengan mudah Anda lakukan, bahkan tanpa mengeluarkan biaya spersenpun (kecuali paket data internet).

Mau tau seperti apa penampakan bumi atau rumah Anda dari potret satelit Google Maps? Berikut ini panduan cara melihat kondisi permukaan bumi atau rumah Anda menggunakan aplikasi Google Maps.

Cara mengetahui kondisi bumi dengan Google Maps menggunakan komputer


  • Buka link berikut: maps.google.com
  • Ketik lokasi yang ingin Anda lihat pada kotak pencarian dibagian atas browser. Pada contoh dibawah ini saya akan mencoba mencari lokasi di “Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13410, Indonesia”.
  • Setelah Anda memasukkan alamat seperti contoh diatas, biarkan loading halaman sampai benar-benar selesai.
  • Perhatikan jendela kecil dibagian bawah kanan browser yang bertuliskan “Earth”. Selanjutnya silakan klik jendela tersebut sehingga lokasi sesuai dengan nama jalan yang Anda ketik tadi akan ditampilkan dalam bentuk 3D.
  • Untuk mengetahui lokasi yang lebih spesifik dengan secara jelas, silakan zoom atau perbesar gambar.
Cara Melihat Isi Bumi dan Rumah Kita Melalui Satelit

Cara melihat kondisi bumi menggunakan Hp

  • Lakukan langkah-langkah seperti dijelaskan diatas
  • Pada tampilan browser di hp Anda, pilih menu Settings >> Layer >> Satelit
  • Selesai

Note:
Bergantung pada jenis koneksi yang Anda gunakan, jika Anda menggunakan koneksi internet berkecepatan tinggi (high speed), maka loading halaman akan berjalan lebih cepat.

Nah, demikian langkah-langkah untuk mengetahui kondisi bumi dari permukaan dengan menggunakan bantuan aplikasi Google Maps, salah satu aplikasi terbaik yang banyak memberi manfaat terhadap penggunanya. Semoga artikel ini berguna bagi Anda, dan apabila ada yang kurang jelas Anda dapat menyampaikan pertanyaan Anda melalui kolom komentar yang tersedia.

Related Posts:

0 Response to "Cara Melihat Bumi dan Rumah Kita Melalui Satelit Dengan Google Maps"

Post a Comment

close