Contoh Naskah Drama Pengorbanan Sahabat

Kali ini, teks drama yang akan saya share adalah contoh teks drama tema pengorbanan seorang sahabat kepada sahabatnya ketika sahabatnya tersebut sedang dalam kesulitan.

Anda juga dapat menyimak beberapa contoh naskah drama pada postingan sebelumya, seperti contoh naskah drama remaja, contoh naskah drama persahabatan, dan contoh naskah drama 6 orang.


Exposisi

1. Dinda
2. Lina
3. Duma
4. Lilin

Permasalahan

Dinda sedang terbelit hutang dan tidak bisa meluniasinya karena  hutangnya diluar batas kemampuannya.

Komplikasi

Lina yang mencoba memberikan pertolongan kepada Dinda juga tidak punya uang karena jumlah hutang Dinda terlalu banyak.

Solusi

Sebagai sahabat dekat, Lina berusaha mencarikan jalan keluar untuk Dinda. Dengan mencoba berbagai cara Lina berusaha mengeluarkan Dinda dari jeratang hutang yang membelit temannya tersebut, dan Duma yang juga sahabat dekat Dinda dan Lina akhirnya bersedia membantu Dinda untuk melunasi hutang Dinda.

Dialog Drama

Dinda :
Aku pusing banget. Nggak tahu harus ngelakuin apalagi untuk bisa membayar hutangku yang sebesar itu.

Lina :
Ini harus menjadi pelajaran berharga buat kamu Din, lain kali kamu jangan mengutang uang sampai sebesar itu. Jumlah itu kan benar-benar melebih batas kemampuan kamu?!

Dinda :
Iya aku tahu. Sekarang nasi sudah menjadi bubur. Nggak ada gunanya aku menyesal, karena sudah terlanjur terjadi. Nggak tahu gimana solusinya sekarang ini.

Lina :
Aku juga bingung banget nih. Pengen banget bisa membantu kamu terbebas dari permsalahan ini, tapi mau gimana lagi orang aku juga nggak punya uang sebesar itu.

Dinda sebenarnya sangat berharap Lina bisa membantunya, namun Dinda juga sadar bahwa teman dekatnya itu tidak mungkin punya uang sebesar yang dia butuhkan.

Dinda :
Aku harus minjam siapa lagi ya supaya bisa melunias hutang ini? Lagian kalau aku dapatkan pinjaman nantinya aku juga harus matia-matian nyari uang untuk membayar hutang lagi. Aku juga nggak tahu harus minjem sama siapa?

Lina :
Ya sudah, kalau gitu aku nanti aku coba ngomong sama kakakku. Moga-moga aja dia punya uang simpanan.

Dinda pun mencoba mempertegas niatan temannya itu untuk meminjam uang dari kakakknya yang setahu dia kakak Lina juga serba pas-pasan.

Dinda :
Kamu yakin mau minjem uang sama kakak kamu? Bukannya kakak kamu juga nggak mungkin punya uang sebesar itu?

Lina :
Aku nggak tahu, tapi nggak ada salahnya untuk dicoba. Biasanya kakakku selalu punya simpanan uang meskipun nggak banyak. Kamu tenang aja dulu ya!

Dina pun mengucapkan banyak terimakasih kepada temannya itu yang sudah mau berbagi masalah dengan dirinya.

Dinda :
Lin, makasih banyak ya kamu care banget sama aku sampai kamu ngebelain aku sejauh ini.

Lina :
Nggak papa kok Din, aku kan teman kamu. Setiap kebahagiaan kamu adalah kebahagiaanku, dan setiap permasalahan kamu juga akan menjadi masalahku.

Sore harinya Lina pun menemui kakaknya dikamar untuk menanyakan apakah kakaknya tersebut memiliki simpanan uang.

Lina :
Hai kak.. lagi ngapain?

Lilin :
Oww kamu Lin, nggak lagi ngapa2 kok. Emang ada apa? Mau ngajak jalan ya?

Lina :
Nggak kok kak, cuman lagi ada perlu sedikit aja sama kakak. Aku mau ngomong sesutu sama kakak.

Lilin :
Oya? Silakan, kamu ada perlu apa adikku yang manis?

Lina :
Manisan kakak lagi (saut Lina). Begini kak, aku lagi perlu duit, kalau kakak ada simpanan duit aku mau meminjamnya. Dimana kak, ada nggak?

Lilin :
Ada sih Lin, tapi kakah cuman punya sedikit. Emang kamu butuh uang berapa sih? Bukannya mama juga sudah ngasih jatah buat kamu?

Lina :
Iya sih kak, tapi kali ini aku butuh uang yang lumayan banyak. Emang kakak ada berapa?

Lilin :
Sekitar 1 juta-an gitu deh.. emang kamu butuh berapa? Cukup nggak segitu?

Lina pun terdiam sejenak, karena uang satu juta masih belum cukip untuk melunasi hutang Dinda yang berjumlah 2 juta lebih. Lina pun akhirnya menerima pinjaman uang dari kakaknya sebesar 2 juta.

Lina :
Iya cukup kayaknya kak. Ya sudah aku pinjam dulu ya kak. Kapan-kapan kalau aku udah punya pasti aku balikin.

Lilin :
Yup. Bentar ya aku ambilin dulu....

Uang sebesar satu juta pun akhirnya diserahkan kepada Lina oleh kakaknya yang sangat perhatian itu.

Keesokan harinya Lina menemui Dinda untuk memberitahunya bahwa dia sudah meminjam uang sebesar 1 juta dari kekaknya.

Dinda :
Gimana Lin? Dapat nggak?

Lina :
Dapat sih Din, tapi cuman satu juta. Gimana dong, yang satu juta lebih nyari kemana lagi nih?

Dinda pun terdiam seketika..

Dinda :
Ya sudah, kalau emang cuman segitu dapatnya ya mau gimana lagi.

Lina :
Terus yang satu juta lebih kamu mau nyari kemana? Kan duit satu juta itu bahkan belum bisa melunasi separuh dari hutang kamu?

Dinda :
Iya sih.. nggak tahu, aku bingung..

Tiba-tiba datanglah Duma mengampiri mereka berdua...

Duma :
Eh.. lagi pada ngapai kalian bedua nih? Kayaknya lagi pada ngegalau.. ada apa? Jangan-jangan emang galau beneran nih?

Lina dan Dinda tidak mengeluarkan sepatah kata pun dan hanya memandang ke wajah Duma dengan wajah yang terlihat sangat sedih.

Duma :
Eh.. ada apa sih? Kalau ada masalah ngomong dong.. aku kan teman kalian, harusnya aku juga boleh tau apa yang kalian sedang hadapi?

Lina kemudian menjelaskan kepada Duma permasalahan yang sedang dihadapi oleh Dinda.

Lina :
Begini Dum, Dinda punya hutang dua juta lebih. Ini sudah saatnya untuk melunasi hutang tersebut dan Dinda masih belum punya uang. Kemarin aku minjem kakakku, tapi cuman dapat 1 juta, sisanya yang satu juta lebih itu nggak tahu harus nyari kemana.

Duma :
Oh.. itu permsalahannya. Emang Dinda punya hutang berapa tepatnya.

Dinda :
2.2 juta.

Duma :
Kok banyak amat, emang kamu pake untuk apa Din uang sebanyak itu?

Dinda pun kebingungan untuk menjawab pertanyaan Duma... Lina pun kembali menjelaskan sesuatu kepada Duma.

Lina :
Sebenarnya kemarin aku juga sudah mengingatkan Dinda, tapi biar bagaimanapun juga uang itu kan sudah habis, dan nasi sudah menjadi bubur. Aku pesan sama Dina supaya lain kali jangan ngutang uang yang terlalu banyak dan diluar batas kemampuannya.

Tanpa diduga-duga Duma yang memang memiliki taraf ekonomi yang lebih baik dibanding Dinda dan Lina akhirnya bersedia memberikan bantuan kepada Dinda.

Duma :
Ya sudah.. aku akan ngasih yang 1.2 juta itu.

Lina :
Serius kamu Dum?

Dinda :
Iya Dum? Serius kamu?

Duma :
Nggak, dua rius. Ya serius dong! Emang aku rela kalau sababat tercintaku dibelit masalah?!

Dinda dan Lina pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Duma yang sudah bersedia untuk menolong.

NASKAH DRAMA PENGORBANAN SAHABAT – SELESAI

Demikian contoh teks drama tentang pengorbanan seorang sahabat, semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca.

Related Posts:

Tips Mengatasi Masalah Rumah Tangga

Permasalahan antara suami dengan istri dalam kehidupan berumah tangga memang sebuah hal yang normatif. Dalam menjalani kehidupan berumah tangga kita memang tidak akan lepas dari yang namanya masalah, apapun bentuk permasalahan tersebut.

Dalam menempatkan diri sebagai suami dan juga sebagai istri masing-masing individu memang dituntut untuk memiliki rasa toleransi tinggi terhadap sang pasangan. Hal sangat dibutuhkan, karena nuansa kehidupan berumah tangga itu memang tidak selalu seperti yang kita harapkan. Ada kalanya karena dipicu oleh suatu hal suasana akhirnya menjadi keruh.

Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi dengan Anda beberapa tips untuk mengatasi masalah rumah tangga yang mungkin sedang Anda hadapi dengan harapan dapat memberikan sebuah pencerahan dan tentunya solusi bagi Anda.

Cara mengatasi masalah keluarga, beberapa reaksi atau tindakan untuk menyudahinya adalah sebagai berikut :


Kenali inti permasalahan yang Anda hadapi
Sekecil apapun bentuk permasalahan yang dihadapi seorang pasangan dalam rumah tangganya, adalah penting untuk mengungkap benih dari permasalahan tersebut. Hal ini sangat penting, karena masalah kecil sekalipun jika dibiarkan lambat-laun akan merusak kebahagiaan rumah tangga Anda dikemudian hari.

Jangan mengedepankan ego Anda 
Dalam kondisi suasana yang tegang, biasanya kita selalu mengedepankan ego, dan disinilah awal dari terciptanya kerumitan. Tenangkan diri Anda, dan kesampingkan ego Anda agar Anda bisa mengambil sikap secara sehat karena tidak didasari oleh rasa emosi yang berlebihan.

Berpikirlah secara dewasa dan bijak
Seringkali ketika dihadapkan dengan suasana yang memanas kita lantas kehilangan logika. Jangan biarkan diri Anda larut dalam suasana dan menghilangkan sikap kedewasaan Anda, karena dalam menghadapi suatu permasalahan kita tetap harus bisa menjadi orang yang logis sehingga kita bisa menyikapi permasalahan kita secara bijak.

Introspeksi diri Anda sendiri
Jangan bersikap berlebihan terhadap pasangan kita tanpa kita bersedia mengintrospeksi diri kita. Sebagai pasangan yang bisa bersikap adil, kita juga harus mau introspeksi diri dan tidak serta-merta menyalahkan pasangan kita ketika timbul suatu permasalahan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Related Posts:

Contoh Naskah Drama

Berikut ini saya rilis beberapa contoh naskah drama dengan tema yang berbeda-beda yang mungkin sesuai dengan skrip drama yang sahabat pembaca butuhkan.


Seperti yang kita ketahui, bahwasannya jenis-jenis drama ada banyak sekali. Bukan hanya untuk urusan tema, tetapi sebuah drama setidaknya juga terbagi menjadi dua jenis dalam konteks waktu (durasi). Ada drama berdurasi pendek yang disebut dengan drama pendek, dan ada juga drama berdurasi panjang.

Secara keseluruhan semua artikel contoh teks drama yang ada di blog ini adalah jenis drama untuk durasi pendek. Bagi Anda yang secara kebetulan sedang membutuhkan contoh naskah drama dengan durasi panjang, namun teks dialognya memiliki beberapa sisi kesamaan dengan yang dimuat di blog ini, Anda bisa menambahkan teks dialog sendiri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beberapa tema drama yang paling banyak dicari oleh sabahat pembaca, diantaranya adalah naskah drama tema persahabatan, naskah drama tema percintaan, naskah drama tema remaja, dan juga naskah drama tema pendiidkan.

Selain beberapa tema yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak tema-tema drama lainnya yang juga cukup diminiti dan diperlukan oleh sabahat pecinta drama. Dan berikut ini adalah beberapa contoh naskah drama populer yang mungkin juga sedang Anda butuhkan sebagai bahan referensi.

6 Contoh Teks Drama Pilihan Penulis

Keenam contoh teks dialog drama diatas merupakan beberapa contoh teks drama yang cukup populer berdasarkan pengamatan saya selaku penulis. Semoga saja contoh naskah drama diatas bermanfaat bagi Anda, dan juga semua contoh naskah drama di blog ini secara keseluruhan diharapkan dapat memberikan pengarahan kepada Anda dalam menyusun teks skenario drama yang bagus. 

Related Posts:

Contoh Naskah Drama Remaja

Karena artikel sebelumnya bertemakan cinta, yaitu contoh naskah drama percintaan, maka kali ini penulis akan berbagi contoh naskah drama remaja.

Naskah drama remaja dibawah ini adalah sebuah drama yang mengisahkan tiga orang bersahabat dimana salah satu dari mereka mendapatkan teguran lantaran penampilannya dianggap tidak sesuai dengan usia remaja pada umumnya.

Contoh naskah drama terkait :

Contoh Naskah Drama Remaja

Judul : Penampilan Tidak Bisa Membeli Cinta
Tema : Remaja
Jumlah Pemeran : 4 orang
Penokohan : (1) Norah (perempuan stylish) (2) Andin (perempuan sederhana) (3) Linda (perempuan stylish) (4) Robi (Lelaki penuh ketulusan)

Norah :
Penampilan kamu kok payah banget sih?

Andin :
Payah menurut kamu? kayaknya biasa-biasa aja deh.

Linda :
Iya Ndin, penampilan kamu emang terlihat payah banget kok.

Andin :
La terus aku harus tampil gimana menurut kalian?

Norah :
Ya.. setidaknya baju yang kamu pakai jangan begituan dong! malu-maluin tahu nggak?!

Andin :
Kalian ini pada serius ya? ato jangan-jangan cuman mau ngisengin gue? sepertinya penampilanku simple dan nggak bermasalah kaya yang kalian bilang.

Linda :
Kamu salah Ndin.. kamu tu kan masih muda, masa pilih baju cocoknya untuk ibu-ibu gitu? ntar cowok kamu malah jadi ogah lagi sama kamu.

Norah :
Betul itu! cowok kan juga perhatian sama fashion ceweknya. Kalau gaya berdandan kamu kaya gitu jangan nyesel ya nanti kalau Robi negjauhin kamu.

Andin :
Ya.. kalian ini ada-ada aja deh! ngasih masukan sih ngasih masukan, tapi jangan ampe segitunya dong.. masa ampe harus kehilangan cowok gue lagi.

Linda :
La emang bener Ndin.. kami ni kan cuman pengen kamu tu terlihat cantik dan bisa bikin cowok kamu ngerasa pede pas jalan sama kamu. Nah, kalau fashion kamu kayak gini bahaya dong...

Norah :
Bener tu apa yang Linda bilang.

Linda pun dibuat terdian oleh kedua teman dekanya itu. Linda bengong dalam beberapa detik, kemudian dia mereaksi pernyataan kedua temannya itu.

Andin :
Kalau gitu gue harus bagaimana nih? gimana gue harus memperbaiki gaya berdandan gue?

Tiba-tiba Robi datang dan menghampiri mereka bertiga. Robi sendirian dan penampilan kekasih Andin memukau Linda dan Norah.

Robi :
Eh.. ladies lagi pada ngapain kok kayaknya serius banget ngobrolnya?

Linda :
Nggak ada kok... ya biasa ngerumpi sesama cewek. Kamu abis darimana Bi?

Robi :
Tadi abis nganterin temen gue, terus lihat kalain disini ya sekalian aja gue gabung. Nggak papa kan cowok sendirian?

Norah :
Ya nggak papa dong! Btw, mau gabung ngerumpi sama kami atau mau ngerumpi sama Andin nih?

Saut Norah dengan mimik bercanda kepada Robi yang sangat khas dengan senyum manisnya itu. Andin pun tanpa segan memeritahu isi obrolan mereka kepada Robi.

Andin :
Bi, aku mau nanya sama kamu. Jawab dengan jujur ya?

Robi :
Mau nanya apa sepertinya serius amat? emang selama ini aku penah bohong sama kamu? mau nanya apa?

Andin :
Penampilanku payah banget ya?

Mendengar Andin mengajukan pertanyaan itu kepada Robi, Linda pun sangat terkejut dan kemudian coba mengalihkan perhatian Robi.

Linda :
Apaan sih kamu Andin? jangan dengarkan dia Bi, si Andin nih kadang-kadang ngomongnya memang sering ngelantur.

Andin :
Kok nggak dijawab Bi?

Linda : Apaan sih mau Ndin?

Robi :
Begini, selama ini gue selalu jujur sama kamu Ndin. Kalu kamu tanya apakah penampilanku payah, jawabannya penampilan kamu emang nggak sebagus Linda dan Norah. Tapi, aku nggak pernah menjadikan itu sebagai masalah, karena siapapun kamu, bagaimanapun kamu aku tetap suka kamu.

Andin, Linda dan Norah terdiam sejenak mendengarkan penjelasan dari Robi yang ternyata selama ini juga menyadari bahwa penampilan Andin memang dinilainya bermasalah, namun ternyata Robi tetap sepenuhnya mencintai Andin.

Andin pun mengucapkan sebuah kata kepada kekasihnya itu

Andin :
Bi, aku sayang banget sama kamu. Tapi, kamu juga berhak untuk melihat aku seperti yang kamu mau selagi itu bisa aku lakuin. Kalau kamu kurang suka dengan penampilan aku, kamu bisa menasehati aku supaya aku bisa berpenampilan lebih baik lagi.

Robi :
Ya, lain kali aku akan ngomong. Dan tadi aku juga sudah bilang ke kamu bahwa penampilan kamu dimata orang lain dan juga dimata aku tidak menjadi tolak ukur seberapa besar aku sayang sama kamu.

Suasana pun terus diselimuti kedamaian, cinta, dan kebahagiaan. Kedua teman Andin, yaitu Linda dan Norah hanya dapat tercengang mendengarkan Andin dan Robi saling berkata sebuah kejujuran dan tulusnya cinta mereka.

Demikian contoh naskah drama remaja singkat, semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca yang sedang memerlukan.

Related Posts:

Contoh Naskah Drama Cinta

Drama terbagi menjadi sekian banyak jenis, salah satunya adalah drama tentang cinta. Nah, kali ini saya ingin menuliskan sebuah naskah drama tentang cinta yang mungkin sedang sahabat pembaca perlukan untuk dijadikan sebagai bahan perbandingan dengan skenario drama cinta milik sahabat.

Teks drama percintaan dibawah ini merupakan drama singkat, dan langsung saja, berikut ini contoh dialog dramanya.

Judul         : Pengertian
Tema         : Cinta
Pemeran    :
                   1. Norman (kekasih Ani)
                   2. Ani (kekasih Norman)
                   3. Lila (Ibu Ani)

Ani :
Sejauh mana sih sebenarnya kehadiranku ini memberikan arti dalam kehidupan kamu? apakah aku hanya seorang cewek dengan status sebagai pacar kamu, atau lebih dari itu?

Norman :
Kenapa nanya seperti itu? jujur aku terkejut mendengarnya! Ani, sejauh ini mungkin ku nggak banyak memberikan kamu sesuatu yang bernilai bagi kamu, tapi terlepas dari kekurangan yang ku miliki, bagiku kamu adalah sosok wanita yang benar-benar membuatku merasa lebih hidup. Aku sayang kamu, dan itu membuatku merasa lebih bisa memaknahi hidup ini.

Ani pun terdiam bahagia saat mendengar pernyataan dari kekasihnta tersebut.

Ani :
Maaf, bukannya aku merasa ragu dengan ketulusan kamu, hanya saja sikap seseorang itu memang tidak selalu mencerminkan apa yang dirasakannya, dan aku ingin mendengar dari bibir kamu apakah kehadiranku memang berarti buat kamu. Aku sangat senang dengan jawaban kamu. Semoga saja aku bisa menjadi yang terbaik bagi kamu.

Norman :
Tentu! kamu pasti bisa menjadi yang terbaik buat aku. Mungkin pilihan ini banyak, pastinya bukan kamu satu-satunya wanita yang bisa ku dekati, tapi hanya kamu yang bisa buatku semakin mendekat, dan itu adalah sebuah kejujuran dari dalam hati ini.

Ani semakin tak kuasa mendengar pernyataan dari insan yang memang sangat dicintainya itu.

Ani :
Sekarang aku tahu, aku nggak sedang jatuh cinta dengan orang yang salah. Aku senang banget mendengar apa yang barusan kamu bilang.

Norman :
Ya.. dan aku juga merasa bahagian banget ketika kamu berusaha untuk mengungkap apa isi hati ini, karena itu artinya kamu memang menganggapku sebagai sosok yang berarti dalam hidup kamu.

Hubungan cinta mereka terus berlanjut dari hari ke hari dengan balut keindahan laksana orang yang sedang dimabuk asmara dengan bekal ketulusan antara satu sama lain.

Pada suatu hari Ani mengajak Norman untuk bertemu disuatu tempat yang tidak jauh dari rumahnya. Norman pun berjanji akan akan datang.

Melalui panggilan telepon Ani menghubungi Norman untuk memberitahu kekasihnya tersebut tentang keinginannya untuk mengajak ketemu ditempat yang dianggapnya memiliki suasana yang sangat nyaman.

Kring... kring.. telepon genggam Norman berbunyi

Norman :
Hello.. hi, apa kabar?

Ani :
Baik, kamu juga sehat-sehat saja kan?

Norman :
Yup, aku sehat kok. Ada apa kok nelpon nggak sms aja?

Ani :
Emangnya kalau nelpon nggak boleh?

Norman :
Nggak boleh? boleh banget dong!

Ani :
Nanti sore aku mau ngajak kamu kesuatu tempat, kamu ada waktu nggak?

Norman :
Sepertinya aku nggak ada egenda apa-apa.. jam berapa?

Ani :
Jam 3-an gitu bisa kan?

Norman :
Ya. Emang mau ngajak kemana?

Ani :
Ada deh.. pokoknya tempatnya asyik banget kok, peraya deh!

Norman :
Ok, sampai ketemu tar sore ya...

Ani :
Yup.. da..

Ani :
Eh.. kamu jemput aku dirumah ya?

Norman :
Ok.

Empat jam berselang Ani pun bersiap-siap untuk pergi ketempat tersebut, karena jam di dinding sudah menunjukkan pukul 2 sore. Hingga jarum jam dinding tepat diangka 3 Norman ternyata tidak kunjung datang. Ani mencoba menelpon dan sms berkali-kali tapi kekasihnya itu tidak memberikan jawaban.

Setelah menunggu hingga jam 3.30 Norman akhirnya memang tidak datang. Ani sangat kecewa dengan Norman.

Pada malam harinya Norman pun menemui Ani dirumahnya. Norman langsung datang kerumah Ani tanpa memberitahunya terlebih dahulu.

Tok.. tok.. sambil memberikan salam didepan pintu rumah Ani.

Norman :
Assalamu'alaikum....

Lila :
Eh kamu Man.. tumben malam-malam kesini? ada apa?

Norman :
Iya tante, ada perlu sama Ani. Ani nya ada nggak tante?

Lila :
Ada. sebentar ya tante panggilkan, kamu silakan duduk dulu.

Norman :
Ya, tante.

Ibu Ani (Lila) pun bergegas ke kamar anaknya...

Lila :
An... Ani..

Ani :
Iya Bu.. ada apa?

Lila :
Tuh ada tamu.

Ani :
Siapa bu?

Lila :
Norman, katanya ada perlu sama kamu.

Ani pun bergegas menuju ke ruang tamu untuk menemui kekasihnya tersebut. Norman meminta maaf ke Ani berkaitan dengan janji temu mereka pada sore tadi.

Norman :
An, aku minta maaf banget ya? tadi aku nggak bisa datang. Parahnya lagi aku nggak ngasih tahu kamu.

Ani :
Bukan cuman nggak ngasih tahu. Ditelpon nggak diangkat, di sms nggak dibalas.. kenapa? kalau kamu sibuk kan bisa bilang?!

Norman :
Iya, maaf An. Begini, tadi aku disuruh nganterin ibu kerumah sakit untuk ngejenguk tetangga. Aku kebetulan nggak bawa hp, karena ibuku bilang cuman 1 jam-an. Nah, sewaktu dalam perjalanan pulang motorku macet. Bengkel didiket rumah skit itu pas antri banget, jadinya ya harus nunggu berjam-jam.

Ani sebenarnya cukup jenkel, namun setelah mendengar penjelasan dari Norman Ani pun akhirnya luluh.

Ani :
Bener? nggak ngada-ngada?

Norman :
Selama ini apa aku pernah bohongin kamu? apalagi harus ngarang cerita seperti ini?!

Ani :
Maaf,.. ya sudah nggak papa.

Mereka terus mengobrol selama 30 menit kedepan lalu Norman berpamitan dengan ibunya Ani untuk pulang.

Naskah drama percintaan - END

Demikian contoh naskah drama tentang cinta untuk 3 orang, semoga bisa mmeberikan referensi bagi Anda yang sedang membutuhkan.

Related Posts:

Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Pendidikan

Jika sebelumnya saya sempat menuliskan artikel contoh pidato singkat dan contoh pidato tentang pendidikan dalam bahasa Indonesia, maka pada kesempatan ini saya ingin berbagi contoh pidato bahasa Inggris bertema pendidikan.

Baiklah, bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh pidato bahasa Inggris tentang pendidikan, berikut ini contohnya.

Dear Father principals
I respect mister / Ms academics and body employees
Dear all my friends ...

First of all , allow us to pray sense of feeling to God S.W.T. United Nations agency has conferred His favor in order that we are able to gather here, and on this occasion i'll deliver a speech on drug speech .

Currently we have a tendency to ar observing AN frightful discourse, the quantity of drug users is therefore nice, as a result of they act devil-may-care very arduous to resist. Narcotics abuse and different substance addicts that will impact a broad and sophisticated. As a result, among others, changes in behavior, health issues, diminished work productivity drastically, crime and different violence .

Drug abuse may be prevented through a series of social programs , as well as follow social activities, don't hang around with drug users or dealers , not simply influenced solicitation or seduction to use medicine .

As we all know through the media therefore herald, that drug users to those whose standing remains a youngster and faculty kids much. colleges conjointly offer subject matter to the scholars regarding the hazards and consequences of habit through Guru BP, discussion involving the scholars in coming up with for intervention and interference of habit in colleges. Another necessary program is that the program of Narcotics alert by distinguishing the characteristics of scholars United Nations agency use medicine , bear in mind of the existence of AN unidentified guest or dealer, impromptu raid .

Usually dealers and users in colleges has been cognizant of college programs for interference of college user or users , they definitely anticipate it as good as. sensible as any of their tips, like as sensible-clever squirrel jump , eventually falling moreover. Moves sharpshooter avoid detection of their college is down pat , however given the character of addictive  medicine and Demand higher doses then it'll eventually unconcealed moreover.

For that allow America avoid and keep one's eyes off from moreover as participate eradicate drug use . Such is that the speech that I will say if there's a blunder in speech, I apologize. For the eye I thanks, In closing .

Demikian contoh pidato bahasa Inggris singkat yang mengusung tema seputar pendidikan, semoga bermanfaat.

Related Posts:

Contoh Pidato Singkat

Sahabat tercinta, kali ini saya ingin berbagi contoh teks pidato singkat yang mungkin sedang Anda butuhkan untuk dijadikan sebagai bahan referensi. Sebelumnya saya juga sudah menulis artikel yang sama, yaitu contoh pidato atau tepatnya contoh pidato tentang pendidikan.

Baiklah, langsung saja bagi Anda yang sedang mencari contoh naskah pidato singkat, berikut ini contohnya.

Contoh Pidato Singkat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pertam-tama merilah kita semua senantisa memanjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah dzat yang senantiasa memberikan kemurahan dan kerahmatan kepada umman manusia. Tanpa nikmat-Nya kita tidak akan bisa merasakan sebuah kehidupan yang damai nan tentram seperti sekarang ini.

Kedua kalinya semoga shalawat serta salam muda-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad S.A.W. yang telah membrikan kita bimbingan dari kegegelapa menuju jalan yang terang benderang.

Para hadirin dan teman-teman yang saya cintai..

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan sebuah pesan singkat agar bisa kita jadikan sebagai momentum untuk selalu mengingat tentang pentingnya etika sosial dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Bapak/ibu dan para hadirin sekalian..

Selagi kita hidup dalam bermayarakat kita diharuskan untuk selalu mengedepankan nilai etika, dan bersikap respek terhadap orang lain. Siapapun saya, siapapun Anda tentunya kita tetap diawajibkan untuk menghormati serta menghargai orang lain.

Sungguh sebuah hal yang salah manakala kita bersikap angkuh, tidak peduli dengan yang lain sebagai pribadi yang bertanggung jawab dalam hidup bermsyarakat. Etika harus selalu kita kedepankan dalam menjalani proses kehidupan.

Para hadirin sekalian..

Etika adalah senjata untuk menciptakan sebuah kehidupan bermasyarakat yang harmoni. Dengan senantiasa mengedepankan etika kita akan merasakan sebuah atmosfer kehidupan yang damai, aman dan tentram. Begitu juga sebaliknya, jika kita tidak bisa mengedepankan nilai etika, maka segala hal buruk dapat menodai kehidupan sosial kita.

Oleh karena itu, marilah kita selalu berusaha sekuat tenaga semampu kita untuk senantisa mengedepankan etika.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan in, semoga dapat memberikan manfaat kepada kita semua.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Itulah contoh pidato singkat tentang etika, semoga berguna bagi Anda yang mungkin sedang membutuhkannya.

Related Posts:

Contoh Kutbah Hari Jum’at (Menjadi Khatib)

Bagi ummat Islam, hari Jum’at adalah hari yang sangat penting. Pada hari ini seluruh ummat Muslimin diwajibkan untuk mengikuti sholat Jum’at berjama’ah, terkecuali bagi mereka yang sedang berhalangan.

Adapun ibadah sholat Jum’at dihari Jum’at akan disampaikan sebuah khutbah Jum’at oleh seorang khatib di mimbar masjid. Khutbah Jum’at sendiri terdiri dari dua khubah. Yaitu, khutbah pertama dan khutbah kedua.

Khutbah pertama bisanya akan dibawakan dalam bahasa Indonesia atau bahasa setempat. Sementara untuk khutbah yang kedua akan disampaikan dalam bahasa Arab. Jika khutbah kedua sudah selsesai, maka akan dilanjtukan dengan pembacaan do’a oleh khatib, kemudian qomat untuk menjalankan sholat Jum’at berjama’ah.

Artikel ini adalah untuk memberikan sebuah referensi contoh materi khutbah dihari Jum’at untuk khutbah pertama. Langsung saja, berikut ini contohnya.

إِنّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ …


Sidang Jama'ah Jum'at yang dimuliakan oleh Allah S.W.T

Marilah kita senantiasa berusaha untuk meningkatkan nilai iman kita kepada Allah. S.W.T. Dengan iman dan taqwa kita memiliki sebuah bekal untuk mengahadap Allah. S.W.T. yang mana dalam hal ini tidak ada seorang pun diantara kita yang mengtahuinya. Umur kita dapat diambil kapan saja dan kita tidak mengetahuinya. Dengan kesempatan yang diberikan oleh Allah S.W.T. Marilah kita manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mempersiapkan bekal terbaik demi meraih kebahagiaan di kehidupan akhirat.

Sidang Jama’ah Jum’at yang dimuliakan oleh Allah S.W.T. marilah kita senantiasa memanjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah S.WT. karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kita masih bisa menjalankan ibadah sholat Jum’at pada kesempatan ini.

Sholawat serta salam mari senantiasa kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad S.A.W. yang telah memberikan tuntunan kepada segenap ummat Muslim untuk menuju jalan yang di Ridloi.

Sudang Jama’ah Jum’at yang dimuliakan oleh Allah S.W.T

Sebagai ummat Muslim kita diawajibkan untuk menjalankan kewajiban sholat wajib lima waktu. Dalam ajaran Islam, sholat merupakan tiang agama. Ketika manusia sudah membiasakan diri untuk meninggalkan sholat lima waktu karena kesibukan duniawi, maka tidak ada lagi tiang yang dapat menjaga kekuatan iman kita. Sama dengan bangunan rumah, tanpa tiang tentunya rumah tesebut akan roboh.

Sholat lima waktu adalah sebuah kewajiban yang harus dikerjakan oleh seluruh ummat Muslimin. Dengan menjalankan sholat lima waktu kita akan dapat lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Dan ketika kita meninggalkan sholat lima waktu, bukan hanya mendapat dosa, tetapi kita juga akan mendapatkan bencana yang dapat merusak kehidupan kita, baik kehidupan dunia maupun kehidupan di akhirat kelak.

Dijelaskan dalam sebuah Hadits, Ubadah Ibnush Shamit Radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam:

خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهُ عَلَى الْعِبَادِ، فَمَنْ جَاءَ بِهِنَّ لَمْ يُضَيِّعْ مِنْهُنَّ اسْتِخْفَافًا بِحَقِّهِنَّ، كَانَ لَهُ عِنْدَ اللهِ عَهْدًا يُدْخِلُهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ لَمْ يَأْتِ بِهِنَّ فَلَيْسَ لَهُ عِنْدَ اللهِ عَهْدٌ، إِنْ شاَءَ عَذَّبَهُ، وَإِنْ شَاءَ غَفَرَ لَهُ

“Shalat lima waktu Allah wajibkan atas hamba-hamba-Nya. Siapa yang mengerjakannya tanpa menyia-nyiakan diantara kelima shalat tersebut karena meremehkan keberadaannya maka ia mendapatkan janji dari sisi Allah untuk Allah masukkan ke surga. Namun siapa yang tidak mengerjakannya maka tidak ada baginya janji dari sisi Allah, jika Allah menghendaki Allah akan mengadzabnya, dan jika Allah menghendaki maka Allah akan mengampuninya.”

(HR. Abu Dawud no. 1420 dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Abi Daud)

Sidang Jama’ah Jum’at yang dimuliakan oleh Allah S.W.T

Jangan sampai ada diantara kita selaku ummat Muslim lantaran disebukkan oleh urusan dunia kemudian meninggalkan sholat lima waktu. Sebuah kerugian yang sungguh besar manakala kita lebih mementingkan urusan duniawi dan meninggalkan kewajiban sholat lima waktu.

Dengan sholat kita akan tertolong dikehidupan di akhirat kelak. Dengan sholat kita akan diberikan ampunan oleh Allah S.W.T. kehidupan dunia hanya sebagai tempat persinggahan sementara saja, oleh karena itu marilah kita sennatiasa mendekatkan diri kepada Allah S.W.T dengan menjalankan ibadah sholat lima waktu yang merupakan kewajiban bagi kita selaku ummat Islam.

أَقُوْلُ مَا تَسْمَعُوْنَ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَحِيْمُ

Khutbah diatas merupakan khutbah pertama. Apa yang saya tuliskan disini hanya berupa materi khutbah pertama, dan bukan tata cara khutbah secara detail. Untuk tata cara khutbah hari Jum’at secara detail dari awal hingga akhir mungkin akan saya bahas pada kesempatan berikutnya. Demikian, semoga bermanfaat.

Related Posts:

Contoh Naskah Drama Komedi

Naskah drama komedi atau naskah drama lucu adalah salah satu jenis drama yang sepertinya banyak dibutuhkan oleh sejumlah orang berkaitan sebagai referensi untuk menyusun sebuah teks drama bertema komedi.

Kali ini saya ingin berbagi sebuah contoh naskah drama komedi kepada sahabat pembaca yang mungkin sedang membutuhkannya untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Naskah drama komedia yang akan saya share dibawah ini adalah naskah drama pendek.

Nuri :
Kalau kamu bisa langsing, apa Tun yang ingin kamu lakukan? Apakah mau mencari pacar lalu cepat-cepat menikah?

Atun :
Menikah? Sabar kali.. lagian, kamu ngomongnya bisa langsing orang setiap minggu berat badanku malah bertambah.

Nuri :
Kalau begitu kamu kurang berolahraga itu.

Atun :
Bukan kurang lagi, emang aku nggak berolahraga sama sekali. Adanya aku malah makan kuat-kuat, alhasil ya begini.. badankau malah tambah menggelembung.

Nuri :
Iya, badan kamu semakin bulat aja.. kaya buah jeruk.

Atun :
Kekecilan kali.. yang bener bulat seperti balon raksasa.

Nuri :
Iya... Tun, kamu pernah nggak sih kepikir untuk bisa ke angkasa?

Atun :
Ke angkasa? Bukannya keberatan berat badan kalau mau naik kesana? Mau naik apa orang kapal laut bisanya juga cuman dilaut.

Nuri :
Iya juga ya.. kalau gitu kamu cocoknya nggak kemana-mana Tun, dirumah aja.. dan nggak boleh makan selama satu bulan.

Atun :
Iya, benar kamu sepertinya. Tapi apa nggak mati ya kalau nggak makan sampai satu bulan? Kan satu bulan itu 30 hari?

Nuri :
Wah.. iya juga ya Tun..

Itulah contoh naskah drama komedi pendek yang diharapkan bermanfaat bagi sahabat pembaca. Naskah drama komedi diatas hanya sebagai bahan referensi.

Related Posts:

Contoh Makalah Telekomunikasi

Di era teknologi yang semakin memperlihatkan kecanggihannya sistem telekomunikasi pada masa sekarang ini kian mempermudah manusia dalam melakukan berbagai macam urusan dengan adanya sarana telekomunikasi yang mumpuni.

Kecanggihan sistem telekomunikasi sangat membantu manusia dalam melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari mereka berkaitan dengan kebutuhan komunikasi dan sejumlah aktivitas terkait lainnya. Dengan adanya perangkat telepon genggam manusia dapat berkomunikasi antara satu sama lain dengan cukup mudah dan fleksibel.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi sebuah contoh makalah telekomunikasi kepada sahabat pembaca guna dijadikan sebagai bahan referensi untuk penyusunan makalah yang baik dan memenuhi standar. Contoh makalah telekomunikasi yang akan saya share ini diharapkan dapat memberikan sebuah bimibingan serta sumber inspirasi bagi Anda.

Menyinggung tentang sistem telekomunikasi sebenarnya banyak hal yang akan menjadi bahasan. Seperti yang kita tahu bahwa sistem telekomunikasi terdiri atas sejumlah rangkaian pendukung hingga akhirnya dapat memberikan sebuah servis yang cukup handal kepada para manusia selaku pengguna.

Jika Anda seorang pelajar IT pastinya Anda sudah tahu bahwa sistem telekomunikasi dibangun dengan teknik-teknik telekomunikasi yang hebat sehingga sebuah jaringan yang mumpuni akhirnya dapat terbentuk yang pada akhirnya dapat digunakan oleh manusia untuk berbagai macam keperluan berkaitan dengan kebutuhan komunikasi.

Jenis-jenis komunikasi sendiri terbagi menjadi sekian banyak. Anda bisa menggunakan sebuah perangkat mobile (ponsel) dengan jenis komunikasi menggunakan pengiriman pesan pendek (SMS), melakukan panggilan suara, mengirimkan objek bergambar (MMS), dsb.

Beberapa jenis telekomunikasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Suara: Panggilan telepon
2. Suara dan gambar: Video Calling (menggunakan teknologi 3G)
3. Tulisan yang dicetak (data) : Komunikasi Data
4. Tulisan yang dicetak (text) : Teletext
5. Dokumen: Telefax
6. Gambar: Televisi, Videotext
7. Gambar, tulisan dan suara: Multimedia

Itulah beberapa jenis-jenis telekomunikasi yang berdasarkan aktivitas sehari-hari kita hampir tidak lepas darinya, seperti menelepon, mengirim sms, menonton televisi, dsb.

Nah, bagi Anda yang sedang membutuhkan contoh makalah dasar telekomunikasi untuk Anda jadikan sebagai bahan referensi, silakan download contoh makalah telekomunikasi.

Disclaimer :
Contoh makalah tersebut hanya untuk bertujuan dijadikan sebagai bahan referensi untuk penulisan makalah secara baik dan benar, dan tidak untuk tujuan-tujuan yang sifatnya melanggar.

Related Posts:

Contoh Kalimat & Kata Kerja

Dalam susunan bahasa kita mengenal yang namanya kata sifat dan juga kata kerja. Kata-kata kerja tersebut selanjutnya dapat disusun dalam sebuah kalimat dengan susunan kalimat yang berbeda-beda. Jika sebelumnya saya share tentang contoh naskah drama 9 orang, maka pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi contoh kata kerja dan contoh kalimat kata kerja.

Beberapa contoh kata kerja : 


  • Memasak
  • Bekerja
  • Mandi
  • Tidur
  • Makan
  • Berolahraga
  • Memukul
  • Bersepeda
  • Menyapu


Beberapa contoh kalimat kata kerja :

Waktu Deni sedang memanggilku aku sedang memasak nasi didapur bersama ibu yang membantuku menyiapkan bumbu.

Pada saat paman Nuri sedang berkunjung kerumahku, ayah tidak berada dirumah kerena dia sedang bekerja.

Sehabis pulang dari kebun saya langsung mandi, karena badan saya terasa gerah dan gatal dibagian kaki saya.

Aku tidak mengajak Andi ke taman meskipun sebenarnya dia sangat ingin pergi, karena dia sedang tidur nyenyak dikamarnya.

Pada waktu istirahat nanti saya akan makan sepuasnya supaya perut saya bisa kenyang dan tahan sampai sore hari.

Karena takut berat badan saya naik secara signifikan, maka saya rutin berolahraga setiap hari pada jam 6 pagi dan jam 3 sore.

Tono memukul bola pimpong itu dengan sangar keras sehingga tidak mampu dikembalikan oleh lawannya.

Rudi rajin bersepeda setiap pagi untuk menjaga kesehaan fisiknya yang seringkali mengalami gangguan.

Saya sedang menyapu untuk membersihkan halaman rumah saya dari dedaunan yang banyak berguguran akibat angin yang sangat kencang.

Nah, itulah sejumlah contoh kata kerja dan contoh kalimat yang tersusun menggunakan kata kerja. Demikian, semoga artikel pendidikan ini bermanfaat bagi Anda yang mungkin sedang membutuhkan referensi.

Related Posts:

close