Contoh Surat Mengundurkan Diri Dari Tempat Kerja


Cara menulis surat pengunduran diri dari tempat kerja. Surat pengunduran diri dari tempat kerja juga biasa disebut dengan surat resign. Surat resign dibuat berdasarkan sejumlah alasan. Mungkin yang bersangkutan ingin berhenti kerja karena masalah gaji. Mungkin juga karena ingin mencari kerjaan ditempat lain dan atas sejumlah alasan lainnya.


Surat resign wajib anda buat setidaknya satu minggu sebelum anda berencana untuk berhenti bekerja. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada pihak perusahaan untuk mencari pengganti anda guna menduduki sektor pekerjaan yang anda tinggalkan. 

Anda tidak diperbolehkan hari ini membuat surat pengunduran diri, dan hari ini juga anda akan berhenti bekerja. Yang demikian tentunya menyalahi aturan. Berikut contoh surat resign/pengunduran diri.

CONTOH SURAT RESIGN DARI TEMPAT KERJA

Kepada Yth,
HRD Manager
Up. Bapak Ramli Sukri, SH.
Di-Surabaya

Hal : Surat Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Lukee Darwin
Jabatan : Akuntan
Masa kerja : 14 Desember 2014

Bersama ini saya bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT_________________  terhitung mulai tanggal 10 Mei 2017.

Keputusan ini dengan berat terpaksa saya ambil setelah melakukan beberapa pertimbangan menyangkut saya pribadi dan juga perusahaan.

Sehubungan dengan pengunduran saya diharapkan PT____________ dibawah kepemimpinan Bapak segera mencari pengganti saya.

Terimakasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menjadi salah satu karyawan PT_______________

Saya berharap PT_______________ kedepannya terus dapat membangun dan mencapai progress sebagaimana yang ditargetkan management meskipun tanpa kehadiran saya.  

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terimakasih.

Surabaya, 25 April 2017
Hormat saya,


Lukee Darwin
Karyawan 

Tembusan: Direktur

Related Posts:

Contoh Surat Izin Libur/Cuti


Contoh penulisan format surat izin cuti kerja. Sebagai seorang karyawan anda diwajibkan untuk memberitahu pihak perusahaan jika bermaksud untuk mengambil masa libur atas kepentingan yang mustahak.

Surat ijin cuti atau surat ijin libur biasanya dibuat untuk beberapa kepentingan yang mengharuskan anda meninggalkan pekerjaan untuk sementara waktu. Contoh, mungkin anda seorang karyawati yang tidak lama lagi akan memasuki masa bersalin. Yang demikian anda harus membuat surat permohonan ijin cuti.

Contoh surat lainnya: Contoh surat pribadiSurat lamaran kerja 

Surat ijin cuti harus anda buat setidaknya satu minggu sebelum anda tidak masuk kerja. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu pihak perusahaan agar mencari pengganti anda saat anda tidak bisa masuk kerja. Usahakan jangan melayangkan surat ijin libur terlalu mendadak karena yang demikian akan membuat management perusahaan direpotkan. Tidak menjadi masalah jika posisi yang anda tinggalkan masih bisa di handle oleh karyawan/staff lainnya, jika kondisinya tidak demikian maka perusahaan akan menjadi repot karen anda. Selain itu, sebagai seorang karyawan anda juga dituntut untuk bersikap professional.

Contoh surat ijin libur

Kepada Yth,
Kepala Personalia PT __________
Up. Bapak Hadi Hendra
Di-Tempat

Perihal : Surat Ijin Cuti
Lampiran : 1 Lampir

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Nama anda
Alamat : Isi berdasarkan alamat tinggal anda
Jabatan : Jabatan anda

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan cuti berkaitan dengan masa bersalin yang dimana hasil pengecekan diperkirakan saya akan memasuki masa bersalin dalam hitungan satu bulan kedepan.

Saya berharap Bapak akan mencari pengganti saya untuk sementara waktu sampai saya bisa kembali masuk kerja. Adapun saya bermaksud mulai tidak masuk kerja terhitung sejak tanggal 10 Juni 2019.

Demikian surat ijin cuti ini saya buat. Atas perhatian dan pengertiannya saya sampaikan banyak terimakasih.

Yogyakarta, 01 Juni 2019
Hormat saya,


Nama anda
Jabatan anda

Related Posts:

Contoh Naskah Drama Singkat

Naskah dialog drama singkat akan menjadi bahasan kita pada posting contoh naskah drama kali ini. Sebelumnya saya sudah menuliskan sebuah artikel contoh naskah drama tema pendidikan, dan kali ini masih seputar contoh naskah drama, yaitu drama singkat.

Apa perbedaan drama singkat dengan jenis-jenis drama lainnya? Secara keseluruhan tidak ada bedanya, yang membedakan adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan adegan drama tersebut. Semakin panjang teks skenario drama, maka semakin lama pula waktu yang digunakan untuk menyelesaikan adegan drama tersebut.

Pun sebaliknya, jika drama yang ditulis bersifat drama pendek, maka adegannya bisa selesai dalam waktu yang singkat pula.

CONTOH NASKAH DRAMA 5 ORANG

Pada suatu momen dimana sedang diadakannya ujian semester. Aldi dan Ibanu duduk sebangku, Sittha dan Dinnia duduk satu bangku di depannya, sementara itu Bhudiman duduk sendiri disamping Ibanu.

Mata pelajaran yang sedang di ujiankan yaitu mata pelajaran matematika, semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soal ujian pada saat itu. Dan terjAldilah percakapan antara 5 siswa bersahabat tersebut, yaitu Aldi, Bhudiman, Ibanu, Sittha dan Dinnia.

Ibanu:      “Din, aku minta jawaban soal nomor  5 dan 6!”
Dinnia:         “A dan C”
Sittha:         “kalau soal nomor 10,11 dan 15 jawabannya apa Ban?
Ibanu:      “10 A, 11 D, nomor 15 aku belum”
Aldi:          “Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar”
Sittha:         “soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan”

Mereka berempat saling contek-mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Bhudiman, ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.

Ibanu:      “Bud,kamu sudah selesai?”
Bhudiman:        “Belum, tinggal 3 soal lagi”
Ibanu:      “Aku minta jawaban nomor 15 sampai 20 Bud!”
Bhudiman:        “Tidak Bisa Ban,”
Ibanu:      “Kenapa? Kita sahabat bud, kita harus kerjasama”
Dinnia:         “Iya Bud, kita harus kerja sama”
Aldi:          “Iya, kamu kan yang paling pintar disini bud”
Bhudiman:        “tapi bukan kerjasama seperti ini teman-teman”
Sittha:         “Kenapa memang Bud? Hanya 5 soal saja!”
Bhudiman:        “Mencontek atau pun memberi contek adalah hal buruk, yang dosa nya sama. Aku tidak mau mencotek karena dosa, begitu pula member contek ke kalian. Aku minta maaf”
Sittha:         “Tapi saat ini, sangat mendesak Bud”
Dinnia:         “Iya Bud, bantu kami”
Bhudiman:        “tetap tidak bisa”
Aldi:          “yasudah, biarkan. Urus saja dirimu sendiri Bud, dan kami urus diri kami sendiri.” (marah dan kesal)
Ibanu:      “biarkan, kita lihat di buku saja”

Ibanu lalu mengeluarkan buku dari kolong bangkunya secara diam-diam, kemudian melihat rumus dan jawaban di dalamnya. Lalu Sittha menanyakan hasilnya.

Sittha:         “Bagaimana Ban? Ada tidak?
Ibanu:      “ada, kalian dengar ya. 15 A, 16 D, 17 D, 18 B, 19 A, 20 C”
Kareana suara Ibanu yang agak terdengar keras, Guru pun mendengarnya dan menghampiri mereka berempat.
Guru:      “Kalian ini, mencontek terus. Keluar kalian”

Mereka berempat di hukum di lapangan untuk menghormati tiang bendera.

Ibanu:      “Aku tidak menyangka akan seperti ini”
Dinnia:         “Aku juga tidak menyangka, akan dihukum”
Sittha:         “Seharusnya kita belajar ya”
Aldi:          “Iya, Bhudiman benar”
Ibanu:      “Disaat seperti ini, baru kita menyadarinya yah!”
Sittha:         “Aku menyesal!”
Aldi,Dinnia&Ibanu:   “Aku juga” bersama

Setelah itu Bhudiman keluar dari kelas dan menghampiri mereka. Kemudian Bhudiman ikut berdiri hormat seperti yang lain.

Dinnia:         “kenapa bud? Kamu di hukum juga?”
Bhudiman:        “Tidak, aku ingin menjalani hukuman kalian juga.
                                Kita sahabat kan? Aku ingin kita bersama”
Sittha:         “aku berharap ini menjAldi pelajaran kita semua”
Dinnia:         “dan tidak kita ulangi lagi”
Aldi:          “Kita sahabat sejati”


Kemudian mereka semua harus menjalani hukuman, namun dengan penuh senyum dan tawa. Persahabatan bisa mengalahkan semua keburukan.

Related Posts:

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA, SMK, SLTA


Cara menulis surat lamaran kerja bagi anda yang merupakan tamatan sekolah lanjutan tingkat akhir. Surat permohonan kerja untuk SMA, SMK, MA.

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik. Menyusun surat permohonan kerja harus memuat sejumlah poin terpenting menyangkut identitas calon pelamar dan sejumlah criteria persyaratan lainnya. Untuk lebih detailnya silahkan simak contoh surat lamaran dibawah ini.

Cara menulis surat permohonan kerja untuk tamatan SLTA

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia PT. Candra Guna
Up. Bapak Candra Heryanto
Jalan Lokasari No. 33 Magelang

Hal : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: nama anda
Tempat/Tanggal Lahir : isi sesuai biodata anda
Jenis Kelamin : jantina anda
Pendidikan Terakhir: level pendidikan anda
Agama :

Sehubungan dengan informasi yang saya dapat dari surat kabar Tempo edisi Selasa, 10 Juli 2019 bahwa perusahaan yang Bapak pimpin sedang membutuhkan karyawan baru untu ditempatkan sebagai staf umum, maka dengan ini saya bermaksud melamar diperusahaan Bapak guna dapat ditempatkan diposisi tersebut.

Berikut saya lampirkan dokumen pendukung surat lamaran yang saya ajukan:

Foto copy KTP : 1 lembar
Foto copy Ijazah terligalisir : 2 lembar
Pas foto 4x6 : 2 lembar
Daftar riwayat hidup : 1 lembar
Surat pengalaman kerja : 1 lembar

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terimakasih yang sebanyak- banyaknya.

Magelang, 11 Juli 2019
Hormat saya,

Isi materai disini

(nama anda)

Related Posts:

Contoh Format Surat Pribadi

Contoh surat pribadi
Surat pribadi dikirimkan oleh seseorang kepada teman, sanak family atau kerabat tedekat. Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi via surat merupakan salah satu sarana komunikasi yang tidak dapat tergantikan dengan metode sarana komunikasi lainnya, baik itu komunikasi via email, SMS ataupun sarana komunikasi menggunakan perangkat lainnya.

Dibawah ini merupakan contoh surat pribadi yang ditujukan kepada seorang teman dimana yang bersangkutan sedang berada diluar kota.

To sobat tercinta: Liza
Di-Jakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Apa kabar Liza? Semoga kamu dalam keadaan sehat wal’afiyat. Setahun sudah kita tidak pernah berkesempatan untuk berbagai seperti sedia kala sewaktu kita masih tinggal disatu kampung.

Aku sering menanyakan kabar kamu ke ibu kamu. Tiap pagi aku menyempatkan diri untuk menemui ibu kamu menanyakan kabar kamu yang sedang berjauhan dengan keluarga. Senang rasanya saat ibu kamu menceritakan keseharian kamu di Jakarta.

Aku kangen banget sama kamu. Bulan depan aku berencana untuk mengunjungi kamu di Jakarta. Do’ain aja semoga tidak ada halangan agar aku lekas bisa ketemu sama kamu.

Akhir-akhir ini aku terus kepikiran kamu. Kangen banget sama momen-momen dimana kita bisa berbagi banyak hal. Seperginya kamu aku nggak punya teman yang pas untuk diajak ngobrol.

Aku berharap banget bulan depan aku bener-bener bisa berkunjung ke Jakarta untuk ketemu kamu. Btw, kamu udah punya do’i apa belum nih? Kalo belum, nyari yang setiaaaaa ya!!

Jaga diri baik-baik Liz. Tunggu aku di Jakarta bulan depan okaee!

Magelang, 20 Juni 2019
Sobat kamu,
Alia

Wassalam

Related Posts:

Cara Agar Bisa Memiliki Kepribadian Baik

Sifat manusia pada dasarnya sudah ditentukan oleh yang maha Kuasa semenjak kita lahir, namun demikian kita diberikan kesempatan untuk memperbaiki sifat-sifat tercela yang melekat pada diri kita. Bagaimana caranya? Melalui artikel ini teksnaskahdrama.com akan berbagi tips untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Banyak yang terjadi dalam proses mengharungi kehidupan, dan setiap lekuk kehidupan yang kita jalani sedekit banyak akan mempengaruhi kepribadian kita. Jika kita terbiasa hidup dengan cara-cara yang baik, maka dengan sendirinya kita akan menjadi terbimibing untuk memperbaiki sifat atau kepribadian kita, begitu juga jika kondisinya sebaliknya.

Inilah beberapa tips atau kiat untuk memiliki kepribadian yang baik yang bisa Anda terapkan pada diri Anda.

Jangan bergaul dengan orang yang salah
Berteman dengan orang-orang yang berkepribadian tidak baik akan mempengaruhi pola pikir seseorang, maka hindarilah untuk berteman dengan orang-orang yang demikian selagi Anda masih belum memiliki pondasi kuat untuk mempertahankan prinsip Anda.

Jangan terbiasa mentolerir kesalahan sekecil apapun 
Ketika Anda melakukan kesalahan yang kaitannya dengan diri Anda sendiri, jangan mentolerir kesalahan tersebut meskipun sifatnya hanya sebuah permasalahan kecil. Ini akan mendorong Anda untuk terus melakukan kesalahan masa demi masa.

Belajarlah dari kepribadian yang baik
Jika ingin menjadi lebih baik, maka Anda harus mencontoh kepribadian yang baik. Bagaimana caranya? Carilah teman yang dapat Anda jadikan tuntunan, dengan demikian Anda akan merasa termotivasi untuk memperbaiki kepribadian Anda.

Perkaya wawasan 
Dengan banyak membaca Anda akan memiliki kuantitas wawasan yang lebih baik, nah dari sini Anda akan semakin sadar diri bahwa Anda harus memperbaiki tabiat-tabiat buruk Anda jika ingin menjadi manusia yang berguna dan bermartabat.

Baca juga: cara mengatasi sifat pemalu

Konsisten dengan sikap Anda
Jadilah orang yang memiliki prinsip. Pertahankan sikap Anda dalam segala kondisi. Maksudnya, Anda harus tetap pada pegangan Anda, dan tidak terombang-ambing oleh kondisi yang seringkali memicu seseorang untuk berubah haluan. Mempertahankan prinsip memang sebuah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, namun itu adalah syarat mutlak untuk memiliki kepribadian baik.

Demikian, semoga berguna. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk bisa memperbaiki kepribadian Anda menjadi lebih baik lagi seperti yang Anda mau.

Related Posts:

Kumpulan Judul Skripsi Akuntansi Terbaru

Proses pembuatan skripsi tentunya menempuh berbagai persiapan dan tahapan. Sebelum membuat skripsi, hal pertama yang perlu dipersiapkan tidak lain adalah judul skripsi itu sendiri. Jika belum memiliki judul, maka tentunya kita tidak akan bisa menulis skripsi sebagaimana yang kita harapkan. Pertama-tama kita harus menentukan apa judul skripsi yang akan kita buat.

Pada kesempatan posting artikel pendidikan kali ini saya ingin berbagi dengan sahabat pembaca berupa kumpulan contoh judul skripsi akuntansi yang diharapkan nantinya dapat sobat pembaca jadikan sebagai meteri pembelajaran serta sumber inspirasi untuk menemukan judul skripsi yang dirasa tepat.

Bagi Anda yang sedang menempuh kuliah di fakultas Ekonomi, berikut ini beberapa contoh judul skripsi akuntansi yang mungkin berguna bagi Anda untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran atau pertimbangan dalam memilih judul skripsi yang akan Anda tulis.

KUMPULAN JUDUL SKRIPSI AKUNTANSI TERBARU

  • Analisa Biaya Pemasaran dan profitabilitas Sesuai Jenis Produk di PT. ...............
  • Imbas Biaya Produksi Terhadap Harga Jual Jagung Pada PT. ..................
  • Sistem Akuntasi Penjualan di Minimarket .......................
  • Sistem Administrasi Pajak Penghasilan (PPH) Pada PT. .....................
  • Analisis Kesehatan Unit Simpan Pinjam (USP) di .......................
  • Prosedur Evaluatif Sistem Perlaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Oleh Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Selatan
  • Sistem Akuntansi Pembelajaan Barang Dagangan di Koperasi Karyawan RS. ..................
  • Sistem Akuntansi Penggajian Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang
  • Analisis Kredit Pada Bank Jatim Cabang Surabaya
  • Analisa Tingkat Kesehatan Bank Pada PD. BPR Bank Pasar Kota Kediri

Demikian beberapa contoh judul skripsi yang dapat saya share dengan Anda pada kesempatan ini, semoga bermanfaat.

Baca juga:
Disclaimer:
Beberapa contoh judul skripsi diatas hanya diperuntukkan sebagai bahan pembelajaran, dan tidak untuk tujuan-tujuan yang sifatnya terlarang.

Related Posts: