Contoh Pidato Tentang Minta Maaf

Berikut ini saya share contoh naskah pidato tentang minta maaf yang barangkali sedang sahabat pembaca butuhkan untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran serta sumber inspirasi dalam menyusun teks pidato tema sosial berkaitan dengan pemberian maaf.

Contoh Teks Pidato Tema Minta Maaf

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Syukur Alhamdulillah kehadirat Allah S.W.T atas segala rahmat dan nikmat sehingga kita masih diberikan kesehatan yang sungguh berharga.

Kedua kalinya Shalawat serta salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad S.A.W. yang telah memberikan tuntunan kepada kita semua.

Bapak/ibu beserta para hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah S.W.T.

Sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak akan lepas dari kekgilafan. Sebesar dan sekecil apapun itu, kita pasti melakukannya, karena pada dasarnya kita sebagai manusia ini mudah lupa dan amat gampang untuk melakukan kesalahan.

Oleh karena itu, adalah sebuah kewajiban bagi kita untuk senantiasa bisa memaafkan kesalahan orang lain. Kita harus bisa membukan pintu maaf kepada siapapun yang memiliki salah terhadap kita, karena itu adalah bagian dari tanggung jawab kita sebagai orang yang beriman dan memiliki jiwa sosial.

Para hadirin yang dimuliakan oleh Allah S.W.T.

Kita diwajibkan untuk memberikan maaf kepada sesiapa saja yang meminta maaf kepada kita, terlebih lagi ketika momen hari raya Idul Fitri tiba. Pada hari lebaran Idul Fitri kita selaku Ummat Islam saling membuka diri untuk memberikan permaaafan kepada saudara-saudara kita sesama umman Muslim.

Bapak/ibu yang saya hormati...

Mari mensucikan diri kita dengan melakukan amalan-amalan yang sholih serta membuka pintu maaf kepada orang-orang disekitar kita sehingga kita bisa menjalani hari-hari secara dama, tentram dan saling menghormati antara satu sama lain.

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang InsyaAllah dirahmati ini, semoga berguna bagi kita semua, Amin.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Itulah contoh teks pidato singkat tentang kewajiban untuk memberikan maaf. Naskah pidato tentang permintaan maaf diatas juga cocok untuk disampaikan pada pidato menyambut hari Idul Fitri. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

SMS Kata-kata Selamat Berbuka Puasa

Pada bulan suci Ramadhan semua kaum Muslimin dan Muslimat menjalankan kewajibannya untuk berpuasa, dan biasanya diantara kita pasti ada yang ingin menyampaikan ucapan selamat berbuka kepada orang-orang terdekat kita, baik disampaikan secara langsung maupun disampaikan melalui SMS.

Berikut ini adalah kumpulan kata-kata SMS ucapan selamat buka puasa yang mungkin berguna bagi Anda.

Seharian penuh menahan dahaga dan lapar demi mendekatkan diri pada Tuhan sang pemilik alam semesta.

Kini tiba waktu untuk menikmati rizki dari-Nya, karena waktu untuk berbuka telah tiba.

Selamat berbuka puasa, semoga puasa kita diterima disisi-Nya, Amin.

Saat Ramadhan datang, hari berlalu dengan begitu hening dan tentram.

Mendekatkan diri pada yang memberikan kehidupan

Melaksanakan perintah-Nya dengan menahan diri dari rasa haus serta lapar.

Semoga amal ibadah kita diterima disisi-Nya

Selamat berbuka puasa

Merdunya lantunan Adzan menandakan detik untuk menuju kemenangan

Seharian penuh menahan hawa nafsu, haus, dan lapar demi mensucikan diri dari dosa dan noda.

Kini tiba waktu untuk kita membuka pintu kemenangan.

Selamat berbuka puasa, semoga puasa kita menjadi puasa yang sah.

Tidak ada yang lebih bernilai selain iman

Tidak ada yang lebih indah selain ketaqwaan

Tidak ada yang lebih mulia selain yang maha kuasa

Dan semoga kita senantiasa diberi kemampuan untuk menjalankan seluruh perintah-Nya

Selamat berbuka puasa, semoga amal ibadah kita diterima.

Hari yang panjang t'lah berlalu

Dahaga yang yang begitu terasa menandakan kekuatan kita untuk melangkah kearah-Nya

Kini tiba waktu untuk kita menuju jalan kemenangan

Selamat menyambut buka puasa, semoga semua yang kita kerjakan diterima disisi-Nya, Amin.

Itulah kumpulan kata-kata SMS ucapan selamat buka puasa, semoga artikel ini ini berguna bagi sahabat pembaca.

Related Posts:

Contoh Naskah Drama Pendidikan

Naskah drama yang tersusun secara lengkap, deskriptif, dan imajinatif akan berbuah pada suksesnya pementasan sebuah adegan drama dipanggung. Berbeda dengan posting sebelumnya yaitu drama Korea, kali ini drama yang akan kita bahas adalah contoh teks skenario drama.

Drama adalah sebuah adegan yang dalam hal ini bisa dimainkan oleh 2 orang, 3 orang, 4 orang, hingga berpuluh orang. Untuk bisa memainkan alur cerita drama yang sempurna dibutuhkan sebuah naskah drama yang tersusun secara rapi, dan bagus. Hal ini untuk memudahkan para pemeran drama dalam memainkan karakter masing-masing.

Buat Anda yang sedang mencari contoh naskah drama, berikut ini adalah contoh teks dialog drama yang bisa Anda pelajari.

Naskah Drama 8 Orang Pemeran :

1. GEA SYIFA SHAFIRA
2. DEWINA TESA ARTIKA
3. KEYLIZAGRACE MONICA
4. NATALIASHA AULIA PUTRI
5. UMIRUL SAFIRA
6. ZEETIE AISYA
7. ATTAUFIQUE RAHMAN
8. CHRISSNA DWIKY RAMADHANA

Pemeran:

GEA SYIFA SHAFIRA = Murid
DEWINA TESA ARTIKA = Murid
KEYLIZAGRACE MONICA = Murid Yang Kehilangan Dompet
NATALIASHA AULIA PUTRI = Murid
UMIRUL SAFIRA = Murid yang mengambil Dompet
ZEETIE AISYA = Murid
ATTAUFIQUE RAHMAN = Wali Kelas
CHRISSNA DWIKY RAMADHANA = Kepala Sekola

Naskah Drama 8 Orang Pemeran :
1. GEA SYIFA SHAFIRA
2. DEWINA TESA ARTIKA
3. KEYLIZAGRACE MONICA
4. NATALIASHA AULIA PUTRI
5. UMIRUL SAFIRA
6. ZEETIE AISYA
7. ATTAUFIQUE RAHMAN
8. CHRISSNA DWIKY RAMADHANA

KARAKTER: Gea Syifa Shafira = Siswa
Dewina Tesa Artika = Siswa
KeylizaGrace Monica = Siswa Yang Kehilangan Dompet
Nataliasha Aulia Putri = Siswa
Umirul Safira = Siswa yang mengambil Dompet
Zeetie Aisya = Siswa
Attaufique Rahman = Wali Kelas
Chrissna Dwiky Ramadhana = Kepala Sekola

Latar : Lingkup Pendidikan (sekolah)

Contoh Naskah Drama 8 Orang Tentang Pendidikan Dan Persahabatan (Lingkungan Pendidikan)

Contoh Naskah Drama 8 Orang Tentang Pendidikan Persahabatan

Gea bertemu dengan bapak wali kelas, Attaufique…
Gea : Bapaaakk !
Attaufique : Iya, nak. Oh iya nak, kalau kamu lihat Fira, suruh dia datang ke ruangan bapak yaa.
Gea : oh, Okey pak !
Attaufique : Okey , Terimakasih nak.

Gea menemui Fira…
Gea : Fira Firaa.. !
Fira : ngapa dhe?
Gea : Kamu dipanggil pak Attaufique di ruangannya tuh, sekarang ya!
Fira : oh, ya deh , dhe. Terimakasih ya.
Gea : ya, sama-sama.

Fira ke ruang wali kelas…
Fira : Permiisii, pak!!
Attaufique : Oh, Fira. Masuk..
Bapak mau bertanya.
Fira : Tanya apaan, pak?
Attaufique :Fira, kamu belum membayar uang SPP selama 3 bulan! Bagaimana ini?
Fira : iya, pak. Secepatnya akan saya bayar kok.
Attaufique : baiklah. Kepala sekolah memberi waktu seminggu untuk kamu melunasi SPP itu !
Fira : Kalau nggak, pak?
Attaufique : ih kamu ini ! kepala sekolah akan memanggilmu dan mungkin kamu akan dikeluarkan dari sekolah ini!
Fira :Waduh, ya deh, pak..

Satu minggu berselang…
Fira :duh, gimana ini? Udah seminggu.. Uang SPP belum dibayar. Mana ayah belum gajian lagi..

Sewaktu Tesa, Keyliza& Zeetie berjalan menuju Kantin, tanpa disadari dompet dari Saku Fira terjatuh…
Fira :Kezia…..
hmm…gimana kalo aku pake uang ini aja untuk bayar SPP aku? Lagian kan Keylizagak tau..
ah, aku pake aja deh..

Tasha menghampiri Fira…
Tasha : Hai Fira.. !!
Fira : Oh, Halo sha. Kamu ini bikin kaget aja!
Tasha : Hahaha..
Sorry dech..
Fira : iya iya, ga apa apa..
Tasha : eh, mau kemana?
Fira : Gak tau tuh, aku lagi bingung, sha..
Tasha : Oh, ke kantin yuk? Kalo gak, aku duluan ke kantin ya..
udah laper ini.. daah..
Fira : daah, sha..

Kemudian Gea datang…
Gea :Hai fir, Kita ke kantin, yuk?
Fira :hmm.. yuk lah. Kebetulan aku lagi lapar. Biar aku traktir deh ! (sambil menunjukkan dompet)
Gea :Okey deh. Thank’s ya! (sambil berfikir dompet yang dipegang Fira adalah dompet Kezia)
Fira :Okey, yukk!


Keylizadkk di kantin…
Keyliza:eh ya ampun dompet aku hilang!
Tesa :yang bener , kez?
Keyliza:Iya, beneran !
Zeetie :mungkin dompetmu jatuh di jalan tadi..
hmm.. ntar kita bantu nyariin kok !
Keyliza: Okey deh, Terimakasih ya !
Tesa :ya udah, sekarang biar kami traktir, deh!
Zeetie : Iya..
Keyliza:Uh, kalian baik banget sih..
Terimakasih!
Tesa & Zeetie :Ok, kez !


Tasha bertemu Fira…
Tasha :Lho Fira, bukannya yang kamu pegang itu dompet Kezia?
Fira :eh sstt.. iya, Sha.. tapi diem aja ya, aku juga terpaksa ngambil.
Tasha :Memangnya kenapa?
Fira :Aku ga punya uang untuk bayar SPP. Kalo hari ini aku belum bayar juga, aku bisa dikeluarin dari sekolah.
Tasha :oh, ya ampun Fir! Sebaiknya kamu kembaliin lah tu dompet.
Fira : Tapi… Tapi aku takut, sha..
Tasha : eh, sorry ya fir. Aku harus ke perpus dulu..
Fira : heh, ya deh sha..

Keylizabertemu Fira …
Keyliza:eh Fira, kamu ada gak ngeliat dompet aku?
Fira :eee.. eeemm,, gak ada tuh, kez. (dengan gugup)
Keyliza:oh, ya udah deh. Kalo kamu ngeliat bilang aku ya.
Fira :iya kez.
Keyliza:Okey thank’s.

Saat bertemu di jalan…
Attaufique :Oh ya Fira ! Sini , nak !
Fira :ada apa, pak?
Attaufique :Sudah kamu bayar uang SPP?
Fira :oh iya pak, ini saya mau bayar.
Attaufique :eh, kamu dipanggil kepala sekolah di ruangannya, sekarang!
Fira :hmm,OK pak.

Tesa bertemu Fira…
Tesa : Hai, Firaa!
Fira : Oh, Hai Tes. Dari mana?
Tesa : Aku dari kantin, Fir.
Fira : Ooo..
Sekarang mau kemana?
Tesa : Itu lho, aku mau ngebantu Keylizanyariin dompetnya.
Fira : emm,, mmemang dompet Keylizailang , ya?
Tesa : Iya, kayaknya sih jatuh di jalan..
Fira : Ooh..
Tesa : eh, udah dulu ya, aku mau ke kelas ini..
kalo liat dompet Keylizabilang, ya!
Fira : Okey, tes!

Zeetie bertemu Fira…
Zeetie : Hai Fir!
Fira : eh, Halo Zeetie !
Zeetie : Mau Kemana Fir, kok kayaknya buru-buru banget, sih?
Fira : Iya, aku mau ke ruang KepSek..
Zeetie : Ngapain Kesana?
Fira : Aku mau bayar SPP, sit. Udah dulu yaaa..
Zeetie : oh ya deh, daah..


Di ruangan KepSek…
Fira :permisi, pak.
Chrissna :ya, silahkan masuk.
Fira :ada apa , pak?
Chrissna :oh, kamu Fira? Apa benar kamu Siswa yang belum melunasi SPP sampai 3 bulan?
Fira :oh, iya pak.
Chrissna :Sekarang, mana uang SPP kamu, nak?
Fira :hmm… ni pak. Sudah lunas, kan pak? (sambil memberi uang dari dompet)
Chrissna :baiklah nak. Tolong lain kali jangan sampai terlambat seperti ini ya, nak.
Fira :ya, pak.
Chrissna :Okey, kamu bisa keluar sekarang.
Fira : baik, pak.

Gea menemui Kezia…
Gea :Keziaa!
Keyliza:apaan sih , dhe?
Gea :Tadi aku liat Fira megang dompetmu, lho!
Keyliza:ah, yang bener, dhe? Tadi aku Tanya dia, katanya dia gak tau.
Gea :Bener , Kez! Tadi dia pake uang di dompet itu untuk nraktir aku.
Keyliza:iih ! ya udah, kita samperin yuk tu anak sekarang!

Tesa, Zeetie, Keyliza& Gea menghampiri Fira…
Tesa :Eh Fira! Kamu yang udah ngambil dompet Kezia, ya?
Zeetie :iya Fir? Udah deh, jujur aja!
Fira :heemmm….
Keyliza:bener Fir?
Fira :tapi jangan marah, ya?
Keyliza: tapi apa iya kamu yang ngambil dompet aku? Kalo iya kenapa Fir??
Fira :Kezia, maaf ya. Sebenarnya tadi aku liat dompetmu jatuh, terus aku ambil dan mau aku bilang sama Kamu, kez. Tapi aku teringat, kalo hari ini aku harus ngelunasi uang SPP ku , jadi aku pake uang itu..
Tasha :Kezia, maafin aja tuh si Fira! Kasian, dia bisa dikeluarin dari sekolah kalo hari ini dia gak bayar SPP.
Tesa :tapi jangan mencuri kayak gitu, dong!
Zeetie :iya, betul tu!
Keyliza:Ya ampun Fira, kenapa sih kamu harus mencuri? Kalo kamu minta baik-baik, mungkin aku bisa ngebantu kamu.
Fira :Sekali lagi aku minta maaf ya, Kez. Aku janji akan ganti uang mu, kez..
Keyliza:ya deh Fir, aku maafin. Uangnya ga usah diganti ga apa apa kok. Tapi kamu janji ya, gak akan mencuri kayak gitu lagi !
Fira :ya, Kez. Aku janji, Makasiih ya , Kez!
Keyliza:Okey, Fir!
Tasha :Nah, gitu dong!
Tesa :Eh, udah masuk tuh!
Zeetie :iya!
Gea :Kita ke kelas yukk!
Together :ayuuuk!!

Related Posts:

close